Rumah Sakit Angkatan Laut dr R Oetojo Lantamal XIV Sorong melaksanakan pengobatan secara gratis kepada masyarakat Kampung Wawiyai Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat Daya.
 
Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut dr R Oetojo Lantamal XIV Sorong Letkol Laut (K) dr Adventy Nahan di Sorong Senin menjelaskan, pengobatan gratis itu merupakan wujud kepedulian terhadap kesehatan masyarakat supaya tetap sehat dengan menggandeng Biodiversity Nature Resort.
 
"Pengobatan gratis di Kabupaten Raja Ampat ini sudah kita lakukan dua kali, kali pertama itu di Kampung Friwen Kepulauan Raja Ampat. Kali ini kita lakukan hal yang sama di Kampung Wawiyai," katanya.
 
Dia menjelaskan, pada pengobatan gratis tersebut menurunkan 20 tenaga kesehatan, tujuh orang di antaranya adalah dokter spesialis.
 
"Ada tujuh dokter spesialis yang kami bawa terdiri atas spesialis bedah, kandungan, penyakit dalam, THT, gigi, jantung, dan spesialis gizi. Kami juga membawa nakes, perawat, dan apoteker," kata Adventy Nahan selaku ketua tim.
 
Selain tenaga kesehatan, pihaknya juga menyediakan fasilitas lengkap seperti alat USG bagi ibu hamil dan Alat EKG untuk deteksi Jantung dan beberapa alat canggih lainnya.
 
"Selain itu kami juga menyiapkan kamar operasi bedah minor jika diperlukan tindakan operasi kecil dan tidak berisiko, dengan harapan masyarakat bisa terlayani dengan baik," kata Adventy Nahan.
 
Selain pemeriksaan kesehatan, dalam agenda itu juga dilakukan penyuluhan dengan sejumlah materi dalam upaya meningkatkan informasi kesehatan bagi masyarakat setempat.
 
Dia juga menyebutkan, sebanyak 135 orang masyarakat Kampung Wawiyai terlibat dalam pengobatan gratis itu dengan berbagai macam keluhan penyakit, mulai dari ISPA, gangguan kandungan, kulit, asam lambung, diare, dan stroke, serta masalah gigi.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024