Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari Selatan (Mansel), Papua Barat Rustam Rumander menyatakan, empat bakal pasangan calon (paslon) pemilihan kepala daerah (Pilkada) di wilayah tersebut menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Provinsi Papua Barat, Jumat. 

"Semua keempat paslon ada di sini dan hadir tepat waktu seperti yang sudah dijadwalkan pihak RSU Papua Barat," kata Rustam di RSU Papua Barat, Manokwari, Jumat.

Ia mengatakan, pihak RSU Papua Barat menjadwalkan pemeriksaan kesehatan bakal paslon dari Kabupaten Mansel selama dua hari. Hari pertama, Jumat (30/8) pemeriksaan fisik dan Sabtu (31/8) untuk pemeriksaan kejiwaan. 

Seluruh berkas pencalonan keempat paslon tersebut dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPU Mansel saat pendaftaran sehingga mereka mendapat rekomendasi untuk pemeriksaan kesehatan.

Keempat paslon tersebut adalah Maxsi Nelson Ahoren dan Imam Syafi’i (MANIS), Frengki Mandacan dan Saul Rante Lembang (FRENSA), Obet Dowansiba-Hengki Saiba (OBHE) dan Bernad Mandacan-Mesakh Inyomusi.

"Kami bersyukur dari pendaftaran hingga pemeriksaan kesehatan semua berjalan baik dan aman. Semua paslon telah mematuhi aturan-aturan yang berlaku," ujarnya.

Setelah pemeriksaan kesehatan, pihaknya akan melakukan pengecekan dan validasi berkas-berkas yang sudah diberikan para paslon.

Salah satu berkas yang dicek adalah ijazah sekolah, dimana untuk validasi tersebut, KPU Mansel akan mendatangi sekolah-sekolah yang bersangkutan untuk verifikasi.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024