Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Manokwari menyediakan anjungan mandiri (AMAN) guna mempermudah dan mempercepat pelayanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Manokwari, dr. Dwi Sulistyono Yudo, di Manokwari, Selasa, mengatakan AMAN merupakan perangkat kanal layanan mandiri yang bisa digunakan peserta JKN tanpa perlu mengambil nomor antrean.

"AMAN merupakan inovasi untuk mempermudah peserta JKN yang berkunjung langsung ke kantor BPJS Kesehatan Manokwari," ujarnya.

Ia mengatakan, melalui AMAN peserta bisa mengakses layanan administrasi seperti informasi status kepesertaan, informasi status tagihan iuran, informasi nomor virtual account, info JKN, mencari lokasi fasilitas kesehatan dan serta perubahan data.

AMAN JKN dirancang untuk memberikan berbagai layanan administrasi dan informasi yang bisa di akses secara mandiri oleh peserta JKN.

Peserta tidak perlu lagi datang ke loket layanan dan bertanya kepada petugas karena cukup menggunakan AMAN JKN. Peserta cukup menggunakan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan tanggal lahir peserta untuk login.

Melalui AMAN JKN para peserta bisa lebih cepat mengakses layanan administrasi dan informasi, sehingga dapat meminimalisasi terjadinya penumpukan daftar tunggu peserta.

"AMAN JKN merupakan salah satu terobosan baru sebagai bukti nyata BPJS Kesehatan memberikan layanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara bagi peserta JKN. Tentu bukti nyata juga dalam peningkatan kualitas layanan program JKN," ujarnya.

Salah satu peserta JKN, Magdalena Manggaprow, mengatakan dirinya sangat terbantu dengan adanya AMAN JKN saat akan mengecek status kepesertaan dirinya.

Dengan AMAN JKN peserta tidak perlu lagi mengantre lagi ke loket, cukup melalui perangkat yang sudah disediakan maka informasi yang di butuhkan dapat diperoleh.
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024