Universal Health Coverage (UHC) Award yang diberikan BPJS Kesehatan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaimana, Papua Barat menjadi bukti nyata komitmen pemerintah daerah dalam menjamin kesehatan  masyarakat.

Bupati Kaimana Freddy Tie di Kaimana, Sabtu, mengatakan pemerintah harus memastikan seluruh warganya memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas dengan mengikuti program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Penghargaan ini bukan hanya milik pemerintah daerah, tetapi milik seluruh masyarakat Kaimana yang telah mendukung dan berpartisipasi aktif dalam program JKN," ujarnya.

Ia mengatakan, pentingnya sinergi antara pemerintah daerah, fasilitas kesehatan, dan masyarakat dalam mewujudkan UHC dan program JKN yang berkelanjutan.

Ia juga mengapresiasi atas kerja keras seluruh pihak dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam program JKN.

Keberhasilan Pemkab Kaimana memperoleh UHC Award menjadi langkah awal dalam menjawab tantangan ke depan guna memastikan seluruh lapisan masyarakat mendapat layanan kesehatan, terutama warga di daerah pedalaman.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan implementasi JKN, memastikan bahwa tidak ada satu pun warga Kaimana yang tertinggal dari pelayanan kesehatan yang layak termasuk mereka yang berada di wilayah terpencil agar dapat merasakan manfaat dari program ini," katanya.

Selain itu, prestasi cakupan JKN di Kabupaten Kaimana juga menjadi motivasi bagi pemerintah untuk berinovasi dalam layanan bidang kesehatan.

Ia mengajak seluruh masyarakat Kaimana untuk terus mendukung program JKN dan menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat.

"Mari kita bersama-sama menjadikan Kabupaten Kaimana sebagai daerah yang sehat dan sejahtera bagi semua," katanya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari Dwi Sulistyono Yudo, mengatakan Kabupaten Kaimana merupakan salah satu dari tujuh kabupaten di Provinsi Papua Barat telah berhasil mencapai UHC 100 persen dari jumlah penduduk.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Papua Barat Semester II Tahun 2023, jumlah penduduk di Kabupaten Kaimana sebanyak 64.252 jiwa dan seluruhnya sudah terlindungi program JKN.

"Pencapaian UHC 100 persen ini menunjukkan komitmen kuat pemerintah kabupaten dan provinsi dalam memastikan akses kesehatan universal untuk seluruh masyarakat," katanya.

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024