Bupati Kaimana, Papua Barat Freddy Thie mengajak warganya untuk menjaga keberagaman adat istiadat, budaya, suku dan agama di wilayah itu sebagai satu kekuatan menuju masa depan yang lebih baik.

"Di Kaimana ini semuanya ada. Kita punya keragaman adat, budaya, suku, agama. Semua ada di sini. Itu sebabnya, tidak salah juga menyebutkan bahwa Kaimana adalah miniaturnya Indonesia," kata Freddy Thie di Kaimana, Senin.

Dengan latar belakang warga Kaimana yang berbeda-beda itu, menurut Freddy, sangat penting untuk menjaga persatuan. Tanpa persatuan dan kebersamaan, sulit untuk mewujudkan kemajuan daerah.

"Sangat penting untuk menjaga persatuan. Mari kita semua bekerja sama untuk mencapai kemajuan bersama," ajak Freddy saat menjadi pembicara dalam acara diskusi interaktif bertajuk 'Merajut Persatuan dari Indonesia Timur' yang berlangsung di gedung pertemuan Krooy, Kaimana.

Kegiatan diskusi interaktif itu juga dihadiri oleh para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta perwakilan dari sejumlah paguyuban yang ada di Kabupaten Kaimana.

Freddy menyebut wilayahnya memiliki potensi luar biasa baik sumber daya alam, pariwisata, perikanan, hutan maupun budaya masyarakat yang bisa dikembangkan maksimal untuk mendatangkan kemajuan bagi masyarakat setempat.

Agar berbagai potensi itu bisa digali dan dikelola dengan baik maka syarat utamanya yaitu masyarakat Kaimana harus menjaga situasi daerah yang kondusif sehingga para investor dari luar mau datang berinvestasi di Kaimana.

"Mari terus merajut persatuan yang kokoh di antara kita," ajaknya.

Keragaman etnis, suku, budaya dan agama di Kaimana, katanya, telah tumbuh sejak puluhan hingga ratusan tahun lalu. 

Karena itu, para generasi muda Kaimana saat ini dan seterusnya harus bisa menjaga dan memperkokoh nilai-nilai toleransi dan sikap saling menghargai.

"Bangsa ini punya dasar Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang mempersatukan keberagaman kita semua. Kaimana juga punya filosofi satu tungku tiga batu yang  menjelaskan tentang bagaimana keberagaman kita isebagai satu kekuatan agar kita bisa tumbuh sebagai daerah yang besar," ujar Freddy.

Sebagai petahana Bupati Kaimana, Freddy Thie juga maju dalam kontestasi Pilkada 2024 pada November mendatang.

Pewarta: Evarianus Supar

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024