Sorong, (Antara) - Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Papua Barat di Sorong oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Wilyah Sungai telah mencapai 90 persen.

Pelaksanaan Teknis dan Direksi Pembangunan SPAM Regional Papua Barat Nonce Saman di Sorong, Senin mengatakan, SPAM Regional Papua Barat dibangun di Sungai Warsamson untuk mengaliri dua daerah yaitu Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

Dia mengatakan, pembangunan SPAM regional tersebut menggunakan APBN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang bertujuan untuk menjawab kekurangan air bersih di Kota dan Kabupaten Sorong.

"Pembangunan dilakukan secara bertahap sejak tahun 2014 yang kini telah mencapai 90 persen. Pembangunan ini ditargetkan tuntas pada akhir 2017," ujarnya.
Menurut dia, pembangunan yang sedang dilakukan saat ini adalah rumah untuk mesin pompa air dan rumah generator listrik untuk menjalankan mesin pompa. Pekerjaan dilakukan siang dan malam untuk mengejar target tuntas akhir tahun.

SPAM Regional Papua Barat ini, kata dia, dilengkapi tiga mesin pompa yang didatangkan dari Italia dengan tenaga satu mesin mampu suplai 70 liter air bersih per detik.

Ia menyampaikan, SPAM Regional Sungai Warsamson dapat melayani masyarakat di Kabupaten Sorong wilayah Aimas sampai di Distrik Mariat. Sedangkan Kota Sorong wilayah Sorong Timur Kelurahan tanpa garam.

"Pembangunan SPAM Regional Papua Barat Sorong yang dilakukan oleh Balai Sungai dari sumber air sampai pada tempat penampungan. Sedangkan yang menyalurkan ke rumah masyarakat adalah tanggung jawab pemerintah daerah," ungkapnya.(*)

Pewarta: Ernes B Kakisina

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2017