Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad melantik Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Edison Siagian menjadi Pj Bupati Sorong di Aimas Hotel Convention Centre, Kabupaten Sorong, Kamis sore.

Pelantikan tersebut ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan dan penyerahan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) oleh Muhammad Musa'ad kepada Edison Siagian.

Pj Gubernur Papua Barat Daya dalam sambutannya menjelaskan bahwa pelantikan ini melewati proses yang cukup panjang, hingga akhirnya mendapatkan keputusan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Saya yakin dan percaya bahwa saudara Edison Siagian mampu dan cakap untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai PJ Bupati Sorong," kata Musa’ad.

Dia menyampaikan tiga hal penting yang sifatnya mendesak kepada Edison Siagian. Pertama, Pj Bupati Sorong yang baru dilantik agar segera melakukan konsolidasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sorong dengan berbagai unsur lainnya, baik internal maupun eksternal, dan kementerian lembaga yang ada di Kabupaten Sorong.

Kedua, melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terutama dengan pihak DPR Kabupaten Sorong untuk segera menyelesaikan APBD Kabupaten Sorong

“Karena ini sudah bulan April, kemarin memang ada hambatan-hambatan yang kita hadapi tapi saya yakin dengan adanya Pj Bupati Sorong, bisa mempercepat proses-proses regulasi untuk penetapan APBD Kabupaten Sorong,” ucapnya.

Ketiga, mempersiapkan Pemilukada 2024 sebelum pemilihan anggota DPRK dan DPRP yang mewakili Orang Asli Papua (OAP).

“Tiga hal ini yang mendesak dan harus segera dilakukan. Kalau bisa konsultasikan secara internal, sehingga bisa membantu tugas-tugas Pj Bupati sebagaimana telah diatur di dalam ketentuan peraturan perundang-undangan, ”  katanya.

Dia menyampaikan pesan dari Mendagri agar meminta kepada semua pihak di Kabupaten Sorong untuk menyambut kehadiran Edison Siagian dengan sukacita.

“Berbekal dengan pengalaman dari pusat maupun juga di provinsi, diharapkan Pj Bupati baru memberikan sesuatu yang berarti selama bertugas di sini, sampai adanya bupati dan wakil bupati yang definitif melalui," ujarnya berharap.

Pj Gubernur Muhammad Musa’ad pun meminta semua unsur yang ada di Kabupaten Sorong untuk bekerja sama, bersinergi, dan kolaborasi membantu Pj Bupati baru ini dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024