Tempo Institut melatih wartawan Kota Sorong, Provinsi Papua Barat bagaimana cara merancang dan melakukan peliputan investigasi mendalam.

Pelatihan yang berlangsung 7-8 April 2019 di salah satu hotel di Kota Sorong itu, diikuti oleh puluhan wartawan media cetak, daring maupun wartawan televisi di Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, dan Raja Ampat.

Redaktur Pelaksana Majalah Tempo, Bagdja Hidayat mengatakan bahwa kegiatan pelatihan tersebut tidak hanya Sorong, tetapi dilakukan pada 10 daerah yang ada di Indonesia.

Dia mengatakan, tujuan kegiatan tersebut guna menguatkan wartawan di daerah guna melakukan liputan investigasi mendalam terhadap pelanggar yang ditutup di daerah.

Menurut dia, khusus Papua daerah sangat luas dan banyak tema-tema liputan investigasi sehingga pelatihan ini mendorong wartawan di Sorong guna melakukan liputan investigasi.

Wartawan yang mengikuti pelatihan ini, kata dia, nantinya akan mengirimkan proposal liputan investigasi kepada Tempo dan proposal menarik akan diundang ke Jakarta guna mendapatkan pelatihan lanjutan dan melakukan peliputan investigasi.

"Hasil peliputan investigasi yang menarik dari peserta akan ditayangkan di Majalah Tempo maupun tempo online maupun media wartawan tersebut bekerja," ujarnya.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019