PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku memastikan stok BBM dan LPG dalam kondisi aman selama Ramadhan hingga Lebaran 2024.

Area Manajer Communicationn and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Edi Mangun mengatakan hingga saat ini ketersediaan stok BBM dan LPG dalam kondisi aman, serta distribusi ke seluruh Papua dan Maluku terpantau normal.

"Kami menjamin penyaluran BBM dan LPG tetap merata bagi masyarakat Papua dan Maluku," katanya di Ambon, Maluku, Rabu.

Pertamina juga telah menyiapkan antisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Berdasarkan data per 12 Maret 2024, ketahanan stok BBM dan LPG dalam kondisi aman dengan rincian sebagai berikut, produk minyak tanah di atas 26 hari, Avtur 36 hari, Biosolar 18 hari, Pertalite 25 hari, Pertamax 21 hari, Pertamina Dex 42 hari, dan LPG 127 hari.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, stok BBM dalam kondisi aman, kami selalu senantiasa memastikan distribusi energi berjalan dengan lancar dan aman," kata Edi.

Ia menyatakan jika masih diperlukan, pihaknya akan menambah stok dan penyaluran BBM dan LPG sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Untuk produk BBM subsidi dan penugasan, penyaluran akan disesuaikan dengan kuota yang telah ditetapkan pemerintah melalui Tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2024.

Edi juga mengimbau masyarakat tetap menggunakan BBM yang berkualitas sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

"Bagi yang berhak menggunakan subsidi, kami menyarankan masyarakat untuk dapat mendaftarkan kendaraan melalui program Subsidi Tepat supaya tingkat kecurangan dan penyalahgunaan BBM subsidi dapat berkurang," jelasnya.

Ia menambahkan dalam melaksanakan penyaluran BBM dan LPG di seluruh wilayah Papua dan Maluku, Pertamina siap bersinergi bersama pemerintah daerah dan aparat penegak hukum dalam melakukan pengawasan dan penertiban kepada masyarakat serta pengamanan penyaluran selama Ramadhan.

"Bersama pemerintah setempat dan pihak keamanan, kami akan lakukan yang terbaik untuk memastikan penyaluran sampai ke masyarakat. Sinergi ini sebagai langkah kami untuk terus menyalurkan BBM dan LPG dengan lancar dan dapat diterima oleh seluruh masyarakat," ujar Edi.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024