Dinas Perindustrian perdagangan dan koperasi (Disperindag) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya, mengimbau masyarakat dan konsumen agar berhati-hati saat berbelanja atau membeli sesuatu agar tidak lupa melihat masa kedaluwarsa barang yang akan dibeli.

"Masyarakat diminta agar dalam berbelanja barang harus mengecek tanggal kedaluwarsanya, demi menjaga keamanan pangan," kata Kepala Dinas Perindagkop Sorsel, Agustinus Wamafma, di Teminabuan, Senin.

Ia mengatakan, pemerintah kabupaten (Pemkab) juga tidak tinggal diam, namun ikut memantau masa kedaluarsa semua jenis bahan pokok yang dijual distributor maupun pengecer dan para pedagang kaki lima lainnya.

"Pemda akan memastikan barang yang dijual masa berlakunya masih ada sehingga tidak menimbulkan persoalan yang tidak dinginkan di tengah masyarakat," tegas Agustinus.

Selain itu juga, Agustinus mengingatkan para distributor dan pedagang agar tidak melakukan penimbunan bahan pokok.

"Kita pastikan ketersediaan bahan pokok di Sorsel aman hingga Idul Fitri 1445 Hijriah. Pemkab juga akan menyelenggarakan pasar murah untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga di pasaran," jelas Agustinus.

Dirinya berharap agar pasar murah dapat dilakukan seperti tahun sebelumnya, menjelang hari raya Natal maupun hari raya Idul Fitri.


 

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024