PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Maluku-Papua mengapresiasi dukungan Pemkab Kaimana, Papua Barat atas penyerahan hibah lahan untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG).

General Manajer PLN UIP Maluku-Papua Wisnu Kuntjoro Adi di Kaimana, Kamis, mengatakan dengan adanya hibah lahan yang berlokasi di Kampung Coa Kaimana oleh Pemkab setempat maka proses pembangunan PLTMG berkapasitas 10 mega watt bisa dimulai pada akhir tahun ini.

"Terima kasih kepada Pa Bupati Freddy.Thie atas dukungannya kepada  PLN sehingga di lokasi yang dihibahkan itu segera dibangun PLTMG untuk penambahan pembangkit di Kaimana,” ujar Wisnu.

Penyerahan hibah lahan pembangunan PLTMG tersebut berlangsung pada Rabu (6/3) bertempat di Hotel Grand Papua, Kaimana.

PLTMG Kaimana berkapasitas 10 MW itu merupakan salah satu proyek strategis nasional, dimana kontrak kerja akan ditandatangani pada akhir 2024, sementara pekerjaan fisik baru dimulai pada awal 2025.

Wisnu mengatakan saat ini jajarannya masih mengurus perizinan terkait pembangunan proyek PLTMG Kaimana tersebut.

Ia juga meminta dukungan dari seluruh warga Kaimana untuk kelancaran proses pembangunan tersebut sehingga dengan kahadiran PLTMG maka dapat memenuhi kebutuhan energi listrik di wilayah itu.

Bupati Kaimana Freddy Thie menyebut Pemkab setempat mendukung penuh pembangunan PLTMG. 

Selain akan menyerap tenaga kerja, pengoperasian PLTMG di Kaimana diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat karena ke depan Kaimana akan memiliki cadangan daya listrik yang memadai.

"Hibah tanah ini adalah bagian dari komitmen kita mendukung proyek PLTMG. Saya yakin dengan PLTMG bisa memacu pertumbuhan ekonomi, penyediaan lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja, dan tentu saja meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata orang nomor satu di lingkup Pemkab Kaimana itu.
 

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024