Komando Distrik Militer (Kodim) 1811/Teluk Wondama, Papua Barat berkomitmen meningkatkan kualitas dan kemampuan prajurit TNI demi menyukseskan program pembangunan daerah hingga masa mendatang.

Komandan Kodim 1811/Teluk Wondama Letnan Kolonel Infanteri Budi Setiadi di Wasior, Kamis, mengatakan bahwa perayaan HUT ke-78 TNI merupakan momentum berbenah diri agar menjadi institusi yang membanggakan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Teluk Wondama.

“Kami dari TNI berupaya introspeksi diri. Kami menyadari masih jauh dari sempurna. Namun untuk tugas, kami berupaya semaksimal mungkin memberi yang terbaik," kata Budi Setiadi.

Menurut dia perbaikan kinerja TNI tidak terlepas dari peran serta masyarakat melalui saran dan kritikan yang konstruktif, sehingga apa yang diharapkan dapat berjalan maksimal.

Keterbatasan sarana prasarana dan jumlah personel bukan menjadi hambatan dalam pelaksanaan tugas pengamanan teritorial, sekaligus mendukung keberhasilan program pembangunan dari pemerintah daerah setempat.

"TNI bisa besar, TNI bisa kuat karena dukungan dari seluruh komponen bangsa yang ada,” ucap Dandim.

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor dalam kesempatan itu mengingatkan perlu adanya antisipasi terkait potensi gangguan kamtibmas menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

Pemerintah daerah senantiasa bersinergi dengan TNI/Polri demi menyukseskan seluruh agenda pembangunan maupun pembinaan terhadap masyarakat Teluk Wondama.

“Semua hal yang harus kita antisipasi supaya kita semua bisa bekerja dan beraktivitas dalam keadaan yang aman dan damai," kata Hendrik Mambor.

Ia mengatakan pemerintah daerah siap memberikan dukungan bagi 1811/Teluk Wondama dan Polres Teluk Wondama dalam pelaksanaan tugas terutama mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

Oleh sebab itu, sinergi kolaborasi pemerintah daerah dengan aparat penegak hukum akan terus ditingkatkan hingga masa mendatang.

“Pemerintah daerah pasti akan mendukung. Mudah-mudahan ke depan, kita saling menopang dalam pelaksanaan tugas secara khusus tugas internal TNI dan kepolisian," kata Hendrik Mambor.

Upacara HUT ke-78 TNI di Kabupaten Teluk Wondama berlangsung sederhana namun penuh hikmat. Dandim Letkol Budi Setiadi bertindak sebagai inspektur upacara sementara Danramil Wasior Kapten Inf Martinus Theisa menjadi komandan upacara.

Upacara tersebut dihadiri Kapolres Teluk Wondama AKBP Hari Sutanto dan Wakil Ketua DPRK Teluk Wondama Arwin, purnawirawan TNI, dan sejumlah pejabat pemerintah kabupaten setempat.

Pewarta: Zack Tonu Bala

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023