Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah imbau masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal saat musim hujan.

Kepala Dinkes Mimika Reynold Rizal Ubra di Timika, Rabu, mengatakan pada September 2023 curah hujan di daerah ini cukup tinggi sehingga terdapat banyak genangan air.

"Genangan air pada saluran drainase di sekitar tempat tinggal, jika tidak dibersihkan akan menjadi sarang nyamuk," katanya.

Menurut Reynold, untuk itu diperlukan peran aktif serta kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan tempat tinggal agar selalu bersih dari genangan air maupun sarang nyamuk.

"Memang daerah Mimika memiliki intensitas hujan yang cukup tinggi meskipun bukan pada musim hujan," ujarnya.

Dia menjelaskan dari data Kementerian Kesehatan RI 2022, diketahui di Kabupaten Mimika kasus kesehatan, urutan pertama tertinggi malaria kemudian disusul Kota Jayapura 27.436 kasus; Kabupaten Jayapura 17.676; Yahukimo 12.099 dan Keerom 10.804.

“Di wilayah Pasar Sentral dan Wania, kasus malaria lebih tinggi juga, termasuk di Bhintuka, hal ini terjadi karena saluran drainase tergenang air kotor, juga sampah,” katanya lagi.

Dia menambahkan, untuk menekan angka malaria maka diharapkan kerja sama dari masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

“Dengan menjaga lingkungan bersih maka nyamuk juga tidak akan bersarang, jadi tempat perkembangbiakan nyamuk harus dimusnahkan agar masyarakat sehat,” ujarnya lagi.
 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023