Bupati Manokwari Hermus Indou menyatakan siap membantu pelajar-pelajar di daerah itu yang mengikuti ajang nasional, seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN).

“Saya sudah bertemu dengan orang tua mereka dan saya sudah menyatakan siap membantu terkait kebutuhan mereka,” kata Bupati Hermus di Manokwari, Papua Barat, Selasa.

Hermus mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari bertanggung jawab terhadap keikutsertaan pelajar Manokwari pada ajang nasional. Karena dari para pelajar inilah Kabupaten Manokwari akan harum namanya di daerah lain.

“Mereka ini ikut lomba, yang dibawa mereka bukan nama pribadi atau nama keluarga. Tapi mereka membawa nama Kabupaten Manokwari. Jadi pemda bertanggung jawab sepenuhnya,” kata Bupati Hermus.

Seperti diketahui siswi kelas XII SMAN 2 Manokwari Estelina Felicia Chai Ruthetty dan siswi kelas IX SMPN 10 Manokwari Heronia Rumbiak akan mengikuti OSN 2023 di Jakarta pada 27 Agustus-2 September 2023.

Estelina Felicia Chai Ruthetty mengikuti OSN bidang ekonomi tingkat SMA dan Heronia Rumbiak mengikuti OSN bidang matematika tingkat SMP.

Frederik Rumbiak ayah Ruthetty Heronia Rumbiak menuturkan matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang paling diminati oleh Ruthetty Heronia Rumbiak semenjak sekolah dasar.

Frederik mengungkapkan untuk mengikuti OSN 2023 tingkat nasional, Ruthetty Heronia Rumbiak membutuhkan perangkat elektronik seperti tablet atau laptop agar mampu menyelesaikan soal matematika saat lomba berlangsung.

"Kami keluarga butuh dukungan peralatan bagi Ruth. Selama ini anak kami hanya pakai handphone saja," ucap Frederik.

 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023