Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari dalam waktu dekat segera membangun kawasan sekitar Lapangan Borarsi menjadi arena publik.

Bupati Manokwari Hermus Indou di Manokwari, Selasa, mengatakan dalam rangka itu pihaknya tengah membersihkan kawasan yang nantinya menjadi pusat kegiatan publik dan dicanangkan sebagai salah satu proyek strategis nasional.

"Saat ini masih ada beberapa bangunan tempat tinggal warga yang harus dibersihkan," kata Hermus.

Hermus mengatakan, Pemkab Manokwari sudah berkoordinasi dengan para penghuni rumah agar pindah tempat tinggal ke lokasi baru yang akan difasilitasi oleh pemerintah.

“Untuk Borarsi sudah ada pemenang tendernya. Kita koordinasi dengan pemenang tender, untuk membantu kita membersihkan kawasan Borarsi agar siap dibangun. Beberapa penghuni 1-2 hari ini sudah bisa pindah. Jadi minggu ini sudah bersih semua,” ujarnya.

Hermus menjelaskan, rancangan pembangunan kawasan arena publik Borarsi tidak berubah dan sudah disetujui 100 persen oleh pemerintah pusat. Bahkan pohon-pohon yang sudah lama dan tua tetap dipertahankan eksistensinya.

“Yang kurang subur Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat akan bantu kita. Nanti Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Manokwari akan berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat untuk menjaga pohon. Bahkan daerah yang masih gersang, sesuai arahan Dirjen Cipta Karya, kita akan hijaukan bersamaan dengan pembangunan kawasan Borarsi,” jelasnya.

Hermus berpesan pada seluruh lapisan masyarakat Manokwari untuk bahu membahu mendukung pembangunan pemerintah. Keberhasilan pembangunan bukan hanya dari pemerintah tapi butuh dukungan dari masyarakat.

“Kalau terus menerus-menerus menuntut tanah, hak ulayat jangan bermimpi ada pembangunan dari pemerintah. Mari hentikan pemalangan, tuntutan ganti rugi tanah yang tidak sesuai kebutuhan dan hanya untuk kepentingan subyektif,” pesannya.

Seperti diketahui, kawasan arena publik Borarsi adalah satu dari lima proyek strategis nasional di Manokwari yang dicanangkan langsung oleh Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin pada Sabtu 15 Juli 2023. Kawasan arena publik Borarsi dianggarkan melalui APBN senilai Rp70 miliar.

Kelima proyek tersebut meliputi peningkatan kapasitas ruas jalan simpang Haji Bauw-Pahlawan, ruas jalan Fajar Roon-Sudjarwo Condronegoro, pembangunan jembatan Pepera 1969 lintas Teluk Sawaibu, pembangunan pasar modern Sanggeng, dan penataan kawasan arena publik Borarsi.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023