Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari, Provinsi Papua Barat saat ini tengah mencari dan menyiapkan tanah bersertifikat yang bisa digunakan sebagai lokasi pembangunan Balai Pemerintah Desa (Pemdes).

“Kita harus jemput bola, tidak bisa menunggu. Ini upaya kita rebut peluang agar dibangun Balai Pemdes di Manokwari,” kata Bupati Manokwari Hermus Indou di Manokwari, Senin.

Ia mengatakan pemerintah pusat melalui Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa telah memberi lampu hijau untuk pembangunan Balai Pemdes di Manokwari. Namun, perlu peran aktif Pemkab Mimika untuk mewujudkannya.

“Prinsipnya beliau setuju dibangun Balai Pemdes di Manokwari. Beliau siap membantu kita dan menunggu proposal dari pemerintah daerah,” katanya.

Ia menjelaskan, dengan menyiapkan tanah bersertifikat tersebut diharapkan pemerintah pusat dapat melihat keseriusan Pemkab Manokwari membangun Balai Pemdes.

Ia menambahkan, Pemkab Manokwari benar-benar membutuhkan pembangunan Balai Pemdes demi meningkatkan kemajuan daerah. Jika terwujud, Balai Pemdes tersebut jadi yang pertama untuk di Papua dan Maluku.

“Ini adalah bagian dari menciptakan daya saing pembangunan. Sehingga di Manokwari bisa jauh lebih maju dari daerah lain,” ujarnya.

Menurut dia dengan keberadaan Balai Pemdes maka Manokwari akan jadi pusat pendidikan bagai aparat kampung. Seluruh aparat kampung di Papua dan Maluku bisa meningkatkan kapasitas di Balai Pemdes tersebut.

“Ini keberpihakan pemerintah, kita harus jemput bola tidak bisa menunggu. Peluang sudah ada di depan mata, kita berusaha rebut peluang itu, mantapkan peluang itu untuk percepatan pembangunan di Kabupaten Manokwari,” demikian Hermus Indou.

 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023