Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua menyebut tiga atlet mereka sedang mengincar tiket untuk berlaga pada Olimpiade Paris 2024.

"Ketiga atlet Papua kini sedang mengumpulkan poin untuk mengikuti Olimpiade Paris 2024," kata Sekretaris Umum Komite KONI Provinsi Papua George Weyasu di Jayapura, Minggu.

Ketiga atlet tersebut yakni Ricko Saputra dan Natasya Beteyob untuk cabang olahraga angkat besi dan Farrel Armandio Tangkas pada cabang renang.

Menurut Weyasu, ketiga atlet itu berpotensi berlaga pada ajang Olimpiade Paris dan saat ini mereka masih berada di pelatihan nasional (pelatnas) Indonesia.

"Mereka masih berada di pelatnas karena sedang mengumpulkan poin dalam kejuaraan-kejuaraan Asia tapi juga kejuaraan dunia sambil mengumpulkan poin.mereka tetap mengikuti babak kualifikasi pra-PON dan juga memperkuat kontingen Papua menuju PON XXI 2024 di Aceh-Sumatera Utara," ujarnya.

Terkait itu, pihaknya mengakui masih menantikan kepastian dari ketiga atlet tersebut untuk memperkuat kontingen Papua saat pelaksanaan PON XXI di Aceh-Sumut.

"Karena pelaksanaan Olimpiade Paris 2024 juga bertepatan dengan pelaksanaan PON XXI sehingga kami akan mendapatkan informasi lebih lanjut terkait kesiapan dan keikutsertaan mereka dari pengurus pusat cabor untuk menyampaikan kepada KONI Papua," katanya.

Ricko Saputra dan Natasya Beteyob tidak mengikuti ajang Sea Games Kamboja dikarenakan strategi Perkumpulan Angkat Besi Indonesia (PABSI) Pusat fokus meraih poin agar lolos Olimpiade Paris 2024.

Pada kejuaraan Asian Weightlifting Championships di Jinju, Korea Selatan pada 03-13 Mei 2023 Ricko Saputra yang turun di kelas 61 kilogram putra mampu meraih medali perunggu sementara Perenang Farrel Armandio Tangkas sukses meraih medali perak di nomor 100 meter gaya punggung putra pada ajang SEA Games 2023 Kamboja.

Pewarta: Ardiles Leloltery

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023