Tim Seleksi (Timsel) KPU Papua Barat Daya menyatakan sebanyak 274 calon anggota KPU dari enam kabupaten dan satu kota di daerah ini lolos seleksi administrasi.

Ketua Timsel KPU Papua Barat Daya Melvin V. Tuerah di Sorong, Sabtu, menjelaskan tercatat 486 peserta melamar untuk menjadi calon anggota KPU kota dan kabupaten di Provinsi Papua Barat Daya sejak 19 – 30 Maret 2023.

"Namun hingga sampai batas waktu pendaftaran yang melengkapi berkas hanya 334 pendaftar, Kemudian dari 334 berkas, ternyata hanya 274 yang lolos seleksi administrasi," jelasnya.

Dia mengatakan peserta yang lolos seleksi berkas administrasi terdiri atas 224 laki-laki dan 50 perempuan di mana calon anggota KPU Kabupaten Sorong  42 orang, kabupaten Sorong Selatan 56 orang, Kabupaten Raja Ampat 38 orang, Kabupaten Tambrauw 24 orang, Kabupaten Maybrat 59 orang, dan Kota Sorong sebanyak 55 orang.

Tahapan berikutnya, kata Melvin, sebanyak 274 calon anggota KPU itu akan mengikuti tes tertulis dengan sistem "computer assisted test" (CAT) yang dilanjutkan dengan tes psikologi.

"Untuk tes dijadwalkan akan dilakukan pada 11 April sampai 14 April 2023 yang akan dilaksanakan di SMKN 1 Koga Sorong," ungkap dia.

Mengingat peserta tes tertulis cukup banyak, kata dia, maka akan dibagi dalam beberapa sesi, yakni sesi pertama akan diikuti peserta dari Kabupaten Sorong dan Kota Sorong.

"Sesi kedua Kabupaten Raja Ampat dan Sorong Selatan dan sesi terakhir Kabupaten Maybrat dan Tambrauw. Khusus tes psikologi kita bekerja sama dengan Mabes TNI," jelas dia.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023