Lantamal X Jayapura melalui Dinas Kesehatan setempat melakukan fogging cegah penyebaran Demam Berdarah (DBD) di mana kini memasuki musim penghujan yang menyebabkan banyak genangan air merupakan waktu sangat cepat dalam perkembangan nyamuk malaria.
 
Kepala Dinas Kesehatan Lantamal X Jayapura Mayor Laut (K) Drg. Hari Prasetyo di Jayapura, Sabtu mengatakan fogging seperti ini sangat penting dilakukan apalagi pada musim penghujan.
 
"Aedes aegypti merupakan jenis nyamuk membawa virus dengue yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah bagi setiap warga," katanya.

Menurut Hari, dogging atau pengasapan adalah tindakan pengasapan dengan bahan insektisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).
 
"Kegiatan fogging ini rutin dilaksanakan setiap enam bulan sekali, sementara ini sudah berlangsung selama tiga hari yang mana dibagi menjadi dua tim," ujarnya.
 
Dia menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan pada sekitaran lingkungan kantor, perumahan dan beberapa tempat lainnya yang menjadi sarang nyamuk dan jentik
 
"Kami berharapkan dengan di adakan fogging tersebut tidak ada penderita demam berdarah di komplek Lantamal X Jayapura ini, " katanya lagi.
 
Dia menambahkan pihaknya juga berharap agar warga komplek Lantamal X Jayapura harus hidup bersih dengan cara menguras bak-bak mandi, menutup penampungan–penampungan air, serta mengubur kaleng-kaleng yang sudah tidak di pakai."
 
Sebelumnya pad kegiatan Fogging dilaksanakan di seluruhnya baik kantor maupun perumahan mulai dari rumah jabatan (Rumjab) Komandan Lantamal X Jayapura di Angkasa, Wadan di Macan Tutul, Rumjab para asisten di perwakin, komplek Perumahan Bhayangkara, Rusunawa dan terakhir di komplek perumahan Hamadi dan mess-mess di Kota Jayapura, Papua, Sabtu (14/1).
 

Pewarta: Qadri Pratiwi

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023