Sorong, (Antaranews Papua Barat)- Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna menghadiri napak tilas jejarah operasi serigala Korpaskhas TNI AU 2019 di  Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat.

Atraksi terjun payung dan drama kolosal sejarah TNI dalam pembebasan Irian Barat ditampilkan dalam napak tilas jejarah operasi serigala di Sorong Selatan agar diketahui generasi muda.  

Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna di Sorong, Minggu, mengatakan napak tilas ini dilaksanakan untuk mengenang keberanian dan semangat para pelopor Korpaskhas dalam melaksanakan  penerjunan dalam  rangka pembebasan Irian Barat di Teminabuan Sorong Selatan.

Dia menyampaikan, aksi heroik dalam operasi serigala sejarah pada tahun 1962 silam itu telah mampu mengangkat martabat dan kehormatan bangsa Indonesia  di mata dunia.

"Sekaligus menegaskan bahwa angkatan udara masih ada diwilayah Republik Indonesia," ujarnya.

Dikatakan, generasi penerus TNI angkatan udara khusunya anggota Korpaskhas diharapkan memahami bahwa kopasgat pernah mengukir sejarah besar ditanah Papua khusunya di Teminabuan yang saat ini menjadi kabupaten Sorong Selatan.

Penerjunan tersebut, kata dia, merupakan fakta sejarah yang patut kita kenang untuk dijadikan pegangan sekaligus motivasi bagi generasi penerus dalam menghadapi tuntutan dan tantangan tugas di masa mendatang.
 
Pelaksanaan napak tilas sejarah operasi serigala adalah suatu momentum yang tidak boleh berhenti sebagai perwujudan kemanunggalan TNI dan Rakyat untuk membangun tanah Papua khusunya di Teminabuan Sorong Selatan.

Peristiwa yang sangat langka ini tentunya akan menginspirasi para generasi penerus Korpaskhas untuk memiliki semangat pengabdian tanpa pamri. "Napak tilas operasi serigala ini mewajibkan kita untuk junjung tinggi nilai luhur perjuangan para pahlawan dalam rangka mempertahankan Keutuhan Wilayah NKRI,"tambah dia.

Pada kegiatan napak tilas operasi serigala tersebut, TNI angkatan udara juga menyerahkan bantuan 150 sak semen guna pembangunan gereja Paroki St Albertus Agung Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan. Selain itu, bantuan material dan perlengkapan peribadatan juga diberikan bagi gereja GKI, Madjid dan tempat ibadah umat hindu di Sorong Selatan. (*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019