Pemerintah Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, menyalurkan bantuan dana untuk pengadaan peralatan kampus dan renovasi asrama mahasiswa yang rusak akibat banjir di daerah tersebut.

Dana sebesar Rp200 juta untuk pengadaan peralatan Universitas Victory dan Rp40 juta untuk renovasi asrama mahasiswa pegunungan tengah Papua yang rusak akibat banjir itu diserahkan Penjabat Wali Kota Sorong George Yarangga di Sorong, Senin.

George Yarangga mengatakan bahwa dana bantuan tersebut bersumber dari dana hibah bantuan tunai  belanja tidak terduga Pemerintah Provinsi Papua Barat kepada Pemerintah Kota Sorong.

Ia menjelaskan bahwa anggaran tersebut digunakan untuk pemulihan fungsi sarana dan prasarana umum yang mengalami kerusakan akibat banjir yang melanda Kota Sorong.

Bantuan tersebut, kata Yarangga, diberikan berdasarkan skala prioritas yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah sebab banyak hal yang harus dikerjakan oleh pemerintah.

"Bahkan penggunaan dana hibah bantuan tunai belanja tidak terduga dari Provinsi Papua Barat tersebut harus dipertanggungjawabkan sesuai peruntukannya," kata dia.

Oleh karena itu, dia mengharapkan pihak Universitas Victory dan pengurus asrama mahasiswa pegunungan tengah Papua yang menerima bantuan dana hibah tersebut agar melaporkan penggunaan anggaran secara tertulis kepada Pemerintah Kota Sorong.

Yarangga berharap bantuan dana tersebut dapat bermanfaat bagi Universitas Victory dan asrama mahasiswa pegunungan tengah Papua untuk membenahi kerusakan akibat banjir.

"Kami juga mengharapkan kesadaran semua komponen masyarakat di Kota Sorong untuk menjaga lingkungan sebagai bagian dari upaya pencegahan banjir," katanya.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022