Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi kembali hadir di wilayah Maluku dan Papua untuk meningkatkan literasi digital bagi masyarakat melalui program 'Indonesia Makin Cakap Digital 2022'. 
 
Dikutip dari Youtube:Siberkreasi, Rabu, program ini bertujuan membangun wawasan dan pengetahuan literasi digital dalam bentuk webinar (seminar dan diskusi secara online), talkshow dalam format hybrid (offline dan online), serta special event penunjang kegiatan literasi digital dengan target penduduk di wilayah Maluku dan Papua, khususnya di segmen kelompok masyarakat atau komunitas.
 
Lanjutan rangkaian kegiatan webinar literasi digital bagi masyarakat komunitas Maluku dan Papua pada Oktober ini dilaksanakan pada Kamis, 20 Oktober 2022, pukul 10.00 - 12.00 WIT dengan tema “TIPS DIGITAL: BRANDING DI SOSIAL MEDIA”. 
 
Webinar ini menghadirkan Pradipta Nugrahanto, CEO & CO-Founder Paberik Soeara Rakjat & Praktisi Literasi Digital; Rizki Ardi Nugroho, Co-Founder Paberik Soeara Rakjat; serta Tio Utomo, Market Editor FIFA+ & Praktisi Literasi Digital, sebagai narasumber. 
 
Kegiatan webinar akan dilakukan dan disiarkan menggunakan platform zoom meeting dan anggota kelompok masyarakat atau komunitas yang ingin mengikuti webinar tersebut dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir elektronik melalui link:https://event.literasidigital.id/daftar/24881.
 
Anggota kelompok masyarakat atau komunitas peserta webinar dipastikan mendapatkan sertifikat elektronik (E-sertifikat), dan beragam hadiah menarik sudah disiapkan untuk para peserta.
 
Informasi lebih lanjut mengenai program #MakinCakapDigital dapat diakses melalui Media Literasi Digital Kominfo di website: info.literasidigital.id atau event.literasidigital.id; Instagram: @literasidigitalkominfo; dan Facebook Page: Literasi Digital Kominfo.
 
Informasi program juga dapat diakses melalui media sosial Siberkreasi di Instagram: @siberkreasi, Facebook Page: Siberkreasi, Twitter: @SiBerkreasi, TikTok: @siberkreasi.id, dan Youtube: Siberkreasi.
 
Diketahui, program kolaborasi kemenkominfo dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi secara konsisten telah melakukan literasi digital kepada lebih dari 14,6 juta orang di Indonesia.
 
"Program kolaborasi ini untuk memaksimalkan ruang digital sekaligus meminimalkan dampak negatif dari internet seperti hoax, perundungan, kekerasan seksual, dan kejahatan digital lainnya”, ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, saat membuka acara webinar literasi digital belum lama ini.
 
Kesempatan tersebut, Johnny G. Plate menyatakan bahwa kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat melalui berbagai program kolaborasi yang mengedukasi masyarakat Indonesia tentang perkembangan digitalisasi.
 
Dalam perjalanannya Program #MakinCakapDigital sejak pertama kali diluncurkan pada 2021, berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia yang diukur berdasarkan empat pilar digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital. 
 
Survei nasional oleh kemenkominfo bersama Kata Data pada tahun 2021 menunjukkan indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada pada level SEDANG dengan skor 3,49. Hal ini merupakan suatu peningkatan dibandingkan dengan kondisi serupa pada 2020 yang menunjukkan skor 3,46. 

Pewarta: Hans Arnold Kapisa

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022