Pemerintah Provinsi Papua Barat merencanakan pembangunan embung dan kanal untuk mengatasi banjir di wilayah Kota Sorong.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Papua Barat Yohanis Momot di Manokwari, Rabu, mengatakan bahwa dinas sedang mengkaji rencana pembangunan embung dan kanal di Kota Sorong.

Berdasarkan hasil kajian tersebut, ia melanjutkan, pemerintah akan menyusun rencana pembangunan embung penampung air hujan serta kanal untuk mengalirkan air ke laut di Kota Sorong.

Menurut dia, pemerintah provinsi berencana membangun embung di lahan seluas sekitar dua hektare di belakang Kantor Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) Kota Sorong.

"Rencananya di belakang PLTD, yang merupakan lahan tidur," katanya.

Ia menambahkan, Pemerintah Provinsi Papua Barat akan mengajukan permintaan bantuan ke pemerintah pusat untuk membangun sarana pendukung penanggulangan banjir di Kota Sorong.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Sorong George Yarangga mengatakan bahwa pemerintah kota tidak punya cukup dana untuk membangun sarana dan prasarana pendukung penanggulangan banjir.

"Selain berharap penanganan dari provinsi, kami juga akan melakukan pengajuan (permintaan bantuan) kepada kementerian, karena sampai sekarang jika terjadi hujan deras banjir masih terus terjadi," kata dia.
 

Pewarta: Tri Adi Santoso

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022