Manokwari,(Antara Papua Barat)-Pasangan calon gurbernur dan wakil gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan-Muhammad Lakotani (Doamu) unggul sebanyak 288.021 suara pada perhitungan sementara, Sabtu.

"Dari 13 kabupaten/kota di Papua Barat sudah 11 daerah yang menyampaikan hasil rekapitulasinya. Tersisa Kabupaten Maybrat," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Papua Barat Amus Atkana pada pleno rekapitulasi suara di Manokwari, Sabtu.

Dia menyebutkan, pada rekapitulasi yang di laksanakan di salah satu hotel di Manokwari tersebut, Komisioner KPUD Maybrat belum dapat hadir.

"Kita tunggu, pleno rekapitulasi suara di tingkat provinsi masih berlangsung hingga 27 Februari 2017," kata dia lagi.

Pantauan, Antara pada pleno rekapitulasi suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua Bara dibuka sekitar pukul 15.00 WIT dan diskorsing pada pukul 21.45 WIT

Pada pleno yang dihadiri Ketua dan Komisioner KPU Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Tambrauw, Sorong Selatan, Fakfak, Kaimana, Raja Ampat, Pegunungan Arfak, Sorong, dan Kota Sorong tersebut, dukungan yang diperoleh pasangan Doamu jauh diatas pasangan Irene Mabibuy-Abdullah Manaray (Iman) dan Stepanus Malak-Ali Hindom (Madom).

Doamu unggul 288.021 suara, disusul pasangan Madom 132.892 dan Iman 71.743 suara.

Ketua Bawaslu Papua Barat Isak Waramuri pada wawancara secara terpisah mengatakan, partisipasi pemilih sejauh ini belum dapat dilihat sepenuhnya.

Ia menaksir partisipasi pemilih pada pemilihan calon pemimpin Papua Barat tersebut bisa lebih dari 60 persen.

"Kita kan masih menunggu Maybrat, mudah-mudahan mudahan setelah Maybrat masuk, setidaknya partisipasi pemilih Papua Barat mencapai 70 Persen," pungkasnya.(*)

Pewarta: Toyiban

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2017