Wanokwari, (Antaranews Papua Barat) - Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Papua Barat menjadi pemateri pada kegiatan pelatihan pemandu wisata dan pengelolaan homestay yang digelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi setempat di Manokwari, Jumat.

Pengurus HPI yang menjadi pemateri pada pelatihan tersebut adalah  Ketua Dewan Pimpinan Daerah Papua Barat Matias Rumbruren tentang dasar-dasar kepemanduan dan bagian Humas Charles Roring tentang pengelolaan homestay berdasarkan pengalaman.

Ketua HPI Papua Barat Matias Rumbruren memberikan apresiasi kepada pemerintah provinsi terutama Dinas Pariwisata yang telah melibatkan HPI pada kegiatan pelatihan yang bertujuan guna peningkatan SDM pariwisata di Papua Barat.

Dia menyampaikan, kegiatan pelatihan tersebut anggota HPI yang diundang sebanyak 10 orang. Mereka tentunya mendapatkan berbagai ilmu tentang pariwisata dari pelatihan tersebut.

Menurut Matias, pelatihan pemandu wisata dan pengelola homestay sangat penting guna meningkatkan sumber daya manusia bidang pariwisata. Dengan demikian industri pariwisata akan terus berkembang yang tentunya memberikan dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat.

Himpunan Pramuwisata Indonesia akan mendukung program-program kerja pemerintah Papua Barat terlebih khusus Dinas Pariwisata dalam memajukan sumber daya manusia di bidang pariwisata.

"Kami juga membangun kerjasama dengan seluruh stakeholder pariwisata di Papua Barat. Begitu pula bekerjasama dengan aparat keamanan dalam melakukan pengawasan terhadap orang asing yang berkunjung ke provinsi setempat," ujarnya.(*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018