Manokwari, (Antaranews Papua Barat) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pramuwisata Indonesia Provinsi Papua Barat menghadiri rapat kerja nasional organisasi yang dilakukan di Yogyakarta 6-9 Oktober 2018.

Ketua DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Papua Barat Matias Rumbruren di Manokwari, Kamis mengatakan DPD HPI Papua Barat ikut hadir dalam Rakernas bersama dengurus di seluruh Indonesia membahas program kerja secara nasional guna kemajuan pariwisata khususnya bidang kepemanduan.

Dia mengatakan, pembukaan acara Rakernas tersebut dihadiri oleh Deputi Bidang Pengem­ba­ng­­­an Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata ­Rizki Handayani.

Menurutnya, Deputi dalam sambutannya pada acara pembukaan Rakernas mengutarakan bahwa pemerintah pusat menyediakan anggaran dan diturunkan ke masing-masing provinsi untuk pengembangan sumber daya manusia pemandu wisata.

Karena itu, kata Matias, Deputi berpesan kepada DPD HPI di seluruh Indonesia termaksud provinsi Papua Barat agar dapat langsung mengajukan permohonan dana pengembangan SDM pramuwisata ke Dinas Pariwisata di provinsi masing-masing.

Ia mengatakan, DPD HPI Provinsi Papua Barat sangat senang mendengar informasi yang disampaikan oleh Deputi Bidang Pengem­ba­ng­­­an Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata ­Rizki Handayani.

"Sebab hal tersebut adalah salah satu peluang bagi DPD HPI Provinsi Papua Barat mengajukan ke pemerintah daerah setempat guna membiayai program-program peningkatan kapasitas pemandu wisata di Provinsi Papua Barat terutama Kabupaten Raja Ampat," ujarnya.(*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018