Pemuda Papua Barat yang tergabung dalam wadah Merah-Putih Bersatu (MPB) menyatakan dukungan dan kebanggaan atas pelaksanaan Women 20 (W20) dan Youth 20 (Y20) di Kabupaten Manokwari Papua Barat, 8 sampai dengan 17 Juni 2022.
 
"Ini momentum tingkat dunia yang patut didukung semua pihak di Tanah Papua Barat, karena Indonesia sebagai anggota G20 mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke 17 di Bali," ujar Arnoldus Tuturop, Ketua Ormas Barisan Merah Putih Papua Barat dalam konferensi pers di Manokwari, Rabu.

Arnoldus mengajak para pemuda-pemudi Papua Barat agar memberikan kontribusi positif serta memanfaatkan dua momentum ini sebagai kesempatan bertukar pengetahuan dan pengalaman di bidang kesetaraan gender, ekonomi kreatif dan berbagai inovasi olahan produk lokal.
 
"Tidak ada yang tidak bisa jika kita bersatu mendukung program Pemerintah untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai potensi yang ada, dimulai dari event W20 dan Y20 ini," kata Tuturop.
 
Samuel Mandowen, Ketua Garda Merap Putih (GMP) Provinsi Papua Barat menyatakan bahwa keamanan daerah Papua Barat menjadi tanggung jawab semua pihak untuk menyukseskan pelaksanaan W20 dan Y20.
 
Ia mengatakan, bahwa sudah saatnya pemuda Papua Barat berbenah dan siapkan diri menjawab tantangan zaman melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk menunjang pembangunan dan peningkatan ekonomi.
 
"Jangan lagi kita alergi dengan kegiatan-kegiatan skala nasional dan internasional, tapi jadikan event W20 dan Y20 sebagai peluang dan langkah awal untuk maju bersama setara dengan pemuda lainnya di Indonesia," ajak Mandowen. 
 
Hadir dalam konferensi pers Merah Putih Bersatu ini, Ketua Gerakan Merah Putih Papua Barat Kornelis Yenu, Sekertaris Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Papua Barat, dan perwakilan Laskar Merah Putih Papua Barat. 
 

Pewarta: Hans Arnold Kapisa

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022