Wakil Bupati Manokwari, Papua Barat Edi Budoyo menyebut kegiatan imunisasi pada anak-anak sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh mereka dari serangan berbagai penyakit menular.

"Kegiatan imunisasi yang aman terbukti sejak dahulu sudah dilakukan dan meningkatkan kekebalan tubuh anak. Para orang tua diharapkan membawa anak-anak mereka ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan imunisasi lengkap,“ kata Edi Budoyo di Manokwari, Rabu.

Pada Rabu siang, Pemkab Manokwari mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022.

Kegiatan itu berlangsung di Posyandu Kasuari Rescue di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Manokwari. 

Pada saat pencanangan BIAN itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manokwari Ny Febelina Indou memberikan imunisasi polio perdana pada dua orang balita.

Edi Budoyo mengatakan kegiatan imunisasi perlu disosialisasikan dengan baik kepada seluruh warga masyarakat.

Dia berharap perlu ada kolaborasi dari semua pihak baik puskesmas, rumah sakit, Tim Penggerak PKK, Posyandu dan masyarakat untuk menutup kesenjangan imunitas di Manokwari.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari dr Alfred Bandaso mengatakan setelah pencanangan BIAN 2022 maka akan ditindaklanjuti di setiap satuan kerja Dinkes setempat.

Adapun  sasaran pada BIAN 2022 di Manokwari yaitu anak usia 9 bulan hingga usia kurang dari 12 tahun untuk imunisasi campak-rubella serta imunisasi kejar yang diperuntukan bagi anak balita yang belum lengkap imunisasi dasar OPT-HB-Hib.

Pewarta: Tri Adi Santoso

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022