Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Cendikiawan Awam Katolik Papua (ICAKAP) resmi dibentuk dalam rapat koordinasi yang digelar di kota Sorong, Jumat.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Surat Keputusan (SK) diserahkan kepada pengurus sementara atau karateker ICAKAP kabupaten/kota seluruh Papua Barat guna membentuk pengurus definitif.

Koordinator wilayah ICAKAP Papua Barat, Sebastian Bame di Sorong, Jumat, mengatakan bahwa ICAKAP adalah suatu wadah atau tempat berkumpulnya awam Katolik dan juga tokoh-tokoh Katolik untuk membahas berbagai persoalan yang ada di Papua Barat.

"Baik persoalan ekonomi, Hak Asasi Manusia (HAM), keagamaan, sosial, dan pendidikan yang terjadi di wilayah Papua Barat," ujarnya.

Menurut dia, sejak tahun 2003, diberikan mandat kepada awam Katolik di Sorong untuk membentuk ICAKAP tapi tidak terbentuk.

Pada akhirnya melalui forum Kongres ICAKAP di Provinsi Papua tahun 2016 memutuskan Vinsensius Lokobal sebagai Ketua ICAKAP dan koordinator wilayah Sebastian Bame.

Dikatakan bahwa terpilih sebagai Korwil ICAKAP Papua Barat, Sebastian Bame diberi tugas untuk mendorong dan membentuk ICAKAP pada kabupaten dan kota yang ada di Papua Barat. 

"Kita sudah serahkan SK karakter kepada pengurus yang sudah dipercaya. Selanjutnya mereka bentuk kepengurusannya baru di tingkat daerah dan nantinya dilantik oleh Dewan Pimpinan Pusat ICAKAP yang ada di Jayapura," katanya.

Disampaikan bahwa agenda pelantikan pengurus IKACAP Papua Barat akan dilakukan setelah berakhirnya masa jabatan karateker yakni 6 bulan sesuai SK  terhitung sejak tanggal 7 November 2021.

"Pada Maret atau April 2022 dipastikan pengurus definitif IKACAP Papua Barat sudah dilakukan pelantikan oleh pengurus pusat," tambah dia

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022