Manokwari,(Antaranews Papua Barat)-Peserta kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Provinsi Sumatera Utara diminta menceritakan hasil perjalanannya selama di Papua Barat kepada masyarakat di daerah masing-masing.

Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani di Manokwari, Selasa, mengatakan, Papua Barat tak hanya kaya akan potensi pariwisata. Daerah ini  pun memiliki banyak bahasa dan budaya.

"Saya berharap mereka menceritakan semua itu setelah tiba di Sumatera Utara. Dan yang penting bahwa Papua Barat adalah tanah damai, kerukunan antar umat beragama terjalin secara baik di sini," kata Lakotani.

Rombongan peserta SMN Sumatera Utara sudah bertolak dari Kota Sorong menuju Sumut pada Selasa (14/8). Sebelumnya mereka mereka menghabiskan waktu dengan mengelilingi tiga daerah yakni Kabupaten Manokwari, Kota Sorong dan Raja Ampat.

Lakotani mengapresiasi program yang dilaksanakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini. Ia juga berterima kasih kepada Bank Mandiri yang sudah mengawal rombongan selama berada di Papua Barat.

"Kami bersyukur Papua Barat menjadi salah satu tujuan program ini. Selain menerima kunjungan, anak-anak kami juga diberi kesempatan untuk berangkat  ke Sumatera Utara," kata Wagub.

Menurutnya, program ini tak sekadar memperkenal budaya daerah. Manfaat lain, bisa diperoleh melalui program ini adalah promosi pariwisata.

Ia mengutarakan, masih banyak lokasi pariwisata di daerah ini yang belum cukup dikenal. Program BUMN Hadir Untuk Negeri ini diharapkan kedepan mulai menyentuk daerah lain selain Raja Ampat, Kota Sorong dan Raja.

"Kita punya Pegunungan Arfak, Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Teluk Triton di Kaimana dan masih banyak lagi. Daerah-daerah ini tidak kalah menarik baik sisi pariwisata maupun budaya masyarakat serta potensi lainya," sebut Lakotani lagi.(*)

 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018