Manokwari, (Antaranews Papua Barat)-Kepolian Daerah Papua Barat terus berupaya membangun kemitraan dengan warga hingga di lingkungan Rukun Tetangga (RT) Kabupaten Manokwari.

"Masyarakat itu obyek sekaligus subyek dalam hal keamanan. Peran masyarakat begitu penting dalam menciptakan keamanan, mencegah kejahatan dan gangguan kamtibmas lainya,"kata Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Papua Barat, Kombea Pol Heri Muharram di Manokwari, Minggu.

Ia mengutarakan, Polda terus melakukan kunjungan rutin ke lingkungan warga. Itu dilakukan agar jaringan antara Polri dan masyarakat semakin bagus.

Pada Sabtu (7/4), Heri bersama sejumlah personil berkunjung ke Kompleks Maduraja-Wosi, Manokwari. Ia berharap, masyarakat bisa menjaga lingkungan masing-masing.

"Kami juga menekankan bahwa deteksi dini potensi gangguan keamanan itu penting. Masyarakat yang lebih tahu kondisi lingkunganya dibanding kami dan kami siap menerima serta menindaklanjuti laporan," kata dia.

Ia juga berharap masyarakat bisa menulusuri akar persoalan serta mencari solusi terbaik jika terjadi gangguan keamanan.

Pada kesempatan itu, Polda menyerahkan bantuan gitar kepada pengamen yang memiliki potensi luar biasa di kompleks tersenbut.

"Pak Jupri namanya, beliau tuna netra dan tangan kidal, tapi hebat dalam main gitar tanpa harus merubah susunan senarnya. Ini kesempatan, saya pun ikut menyanyi lagu The Beatles 'I should have no better'," katanya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Barat, AKBP Hary Suprioyono pada kesempatan terpisah mengatakan, membangun kemitraan dengan masyarakat tidak hanya dilakukan Polda. Jajaran Polres diseluruh Papua Barat melalai Bhabinkabtimpas masing-masing juga melakukan hal sama.

"Ini tidak sekeder membangun hubungan baik, kami mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dalam menjaga Kamtibmas di lingkungan masing-masing," kata Hary.

Selain kemitraan warga, pihaknya juga terus menjalin silaturahmi kepada para pemuka agama, organisasi keagamaan, tokoh masyarakat, serta tokoh adat.

"Seluruh elemen punya peran dengan kapasitas masing-masing dalam mewujudkan Kamtibmas. Beberapa waktu lalu bapak Kapolda berkunjung ke kantor Klasis GKI, bapak Wakapolda ke Pondok pesantren," sebutnya lagi.(*)

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018