Musyawarah Daerah V Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Sorong, Provinsi Papua Barat pada 17-19 Desember 2019, menghasilkan dua ketua yakni Stevy Ayorbaba dan Robianus Kambu.

Steviy Ayorbaba terpilih melalui mekanisme pemilihan dalam persidangan musda. Begitu pula Robianus Kambu terpilih melalui mekanisme aklamasi dalam persidangan musda. Hanya saja pimpinan sidang keduanya berbeda.

Komite Pengarah Musda KNPI Kota Sorong Markus Jitmau, di Sorong, Jumat, mengatakan bahwa Musda KNPI Kota Sorong berjalan sesuai mekanisme meskipun terjadi keributan, dinilai bagian dari dinamika dalam organisasi.

Dia mengatakan, semua calon ketua KNPI baik Stevy Ayorbaba dan Robianus Kambu memenuhi syarat sebagaimana yang diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi.

Menurutnya, proses pemilihan hingga terpilihnya Stevy Ayorbaba berjalan sesuai mekanisme dan sah. Begitu pula proses pemilihan hingga terpilihnya Robianus Kambu berjalan sesuai mekanisme dan sah.

Karena itu, kata dia, hasil Musda V KNPI Kota Sorong yang menghasilkan dua pimpinan akan diserahkan kepada KNPI Provinsi Papua Barat untuk menentukan siapa yang layak.

'Pada intinya kedua ketua terpilih pada musda KNPI Kota Sorong sah, tinggal bagaimana diputuskan lebih lanjut oleh KNPI Provinsi Papua Barat di Manokwari, apakah dualisme kepemimpinan atau hanya satu," ujarnya pula.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Sorong Fanik Tehupeiory secara terpisah, berharap agar program-program KNPI Kota Sorong ke depan dapat memajukan pemuda secara menyeluruh.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019