Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maybrat, Papua Barat Daya mengapresiasi kehadiran Universitas Werisar (Unsar) di Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) karena dapat menghasilkan generasi yang memiliki inovasi dalam memajukan wilayah itu.

Pj Bupati Maybrat Vicente Campana Baay di Teminabuan, Rabu, mengungkapkan kehadiran Unsar menghapus keraguan masyarakat, sebab kampus tersebut sudah terakreditasi dan memiliki dosen-dosen yang hebat.

Ia mengatakan mahasiswa baru akan melewati tantangan yang membutuhkan ketekunan, disiplin serta sikap teguh dan didukung oleh universitas dalam mengembangkan potensi baik secara akademik maupun nonakademik.

"Selamat datang saya ucapkan kepada seluruh mahasiswa baru di lingkungan Unsar, kalian tidak perlu ragu dengan universitas ini karena sudah melewati segalanya dan memiliki akreditasi dan dosen-dosennya hebat," ujar Vicente.

Ia mengatakan, menghadapi pesatnya perkembangan teknologi membutuhkan orang-orang yang mampu berinovasi dan kreatif untuk membangun daerah.

"Daerah ini sangat membutuhkan orang-orang yang berinovasi, bermotivasi dan berkreatif membangun daerah ini terutama dari kampus ini," ucap Vincente.

Sementara itu Rektor Unsar, Yulian Kondologit, mengungkapkan, PKKMB menjadi langkah awal mahasiswa berada dalam himpunan organisasi kampus dari latar belakang pendidikan yang berbeda.

Ia mengatakan dalam masa pengenalan akan membentuk karakter mahasiswa sebagai seorang pemikir yang memiliki integritas serta siap menghadapi perkembangan teknologi.

"Ada yang datang dari SMK, SMA, sekolah yang berbeda-beda untuk ada dalam kampus ini, itu artinya kita sudah ada dalam satu kehidupan. ini bukan akhir dari perjuangan tapi awal dari perjuangan, saya sebagai rektor berharap kepada anak-anak untuk selalu menaati peraturan selama pengenalan kehidupan kampus karena akan membentuk karakter untuk disiplin dan taat," kata Yulian.

Ia mengatakan, Unsar akan menjadi ikon Sorsel yang mampu merubah dan membentuk karakter generasi muda menjadi pribadi yang berwibawa dan bermartabat.

"Unsar ini bagian dari ikon mengubah karakter manusia menjadi manusia yang berwibawa dan bermartabat, tidak salah adik-adik pilih kampus Unsar. Di tahun 2025, 2026 angkatan pertama wisudawan dan wisudawati kami laksanakan di Sorsel," ucap Kondologit.

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024