Bupati Mimika, Provinsi Papua Tengah, Johannes Rettob, meminta masyarakat berperan penting dalam melestarikan dan mempertahankan keberadaan budaya Suku Amungme dan Kamoro.

Bupati Johannes Rettob di Timika, Sabtu, mengajak masyarakat untuk ikut mengambil bagian dalam melestarikan dan mengembangkan budaya lokal.

"Pemerintah tidak dapat berjalan sendiri, tetapi membutuhkan peranan dari masyarakat dalam pembangunan bersama guna memajukan Kabupaten Mimika," katanya.

Menurut Rettob, secara khusus pemerintah juga mengajak seluruh masyarakat untuk ikut meningkatkan dan mempertahankan budaya Amungme dan Kamoro.

"Mari kita menghargai budaya pada dua suku besar di daerah ini, yakni Amungme dan Kamoro, dan kemudian kita buat Mimika menjadi rumah kita bersama dengan menciptakan kedamaian, keamanan, dan kecintaan pada daerah ini," ujarnya.

Dia juga mengharapkan agar seluruh masyarakat yang mendiami Mimika mempunyai rasa memiliki terhadap daerah ini.

"Dengan mempunyai rasa memiliki, maka kita memiliki hati yang besar untuk membangun daerah ini agar dapat maju dan berkembang dari segala aspek," katanya lagi.

Dia menambahkan, salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam menjaga dan merawat budaya di daerah ini agar tetap lestari yakni dengan mengadakan Festival Budaya Amungme dan Kamoro.

"Festival ini menampilkan semua budaya lokal yang ada seperti makanan, rajutan noken, pahatan patung dan kerajinan lainnya," ujarnya lagi.
 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024