PT PLN (Persero) menyiapkan tiga tower emergency restoration system (ERS) di wilayah Sorong, Provinsi Papua Barat Daya sebagai upaya preventif dalam menangani adanya gangguan transmisi yang mengakibatkan aliran listrik dari pembangkit terputus.

Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN Evy Haryadi melalui keterangan tertulis kepada ANTARA di Manokwari, Senin, mengatakan tower ERS berfungsi menggantikan sementara peran tower transmisi yang mengalami kerusakan.

Konstruksi tower ERS dirancang agar dapat dimobilisasi dengan mudah dan menjadi solusi terbaik dalam kondisi darurat yang sewaktu-waktu dapat terjadi pada tower transmisi.

"Tiga tower ERS akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di wilayah Sorong," kata dia.

Selain menyiagakan tower ERS, kata dia, PLN juga membentuk tim khusus yang proaktif memantau potensi gangguan pada tower transmisi yang kemudian memasang tower ERS di lokasi gangguan tersebut.

Sistem kelistrikan di Sorong merupakan sistem terbesar kedua di Tanah Papua setelah Jayapura (Provinsi Papua) dengan beban puncak mencapai 52 MW dan daya mampu sebesar 68,5 MW.

"Keandalan sistem kelistrikan Sorong didukung oleh jalur transmisi sepanjang 43,44 kilometer, 6 unit trafo, dan 4 unit gardu induk," ucap Haryadi.
Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN Evy Haryadi saat memberikan sambutan pada peresmian tiga tower ERS di Sorong, Papua Barat Daya, Senin. (ANTARA/HO-PLN Papua)


Dalam kesempatan yang sama, Haryadi juga meresmikan pusat pengendalian sistem kelistrikan wilayah Sorong yang terletak di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Klasaman.

Hal tersebut akan menjadi pusat informasi dan komando pengoperasian sistem kelistrikan di wilayah Sorong guna mewujudkan kenyamanan bagi seluruh pelanggan PLN.

"Apalagi dengan potensi tambahan pembangkit baru 4x7 MW yang tentunya perlu diatur dan dikendalikan” ujarnya.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Budiono berharap dengan adanya pusat pengendalian sistem kelistrikan dan tiga tower ERS berdampak positif terhadap keseluruhan pelayanan kelistrikan bagi pelanggan.

"Sorong adalah ibu kota provinsi, sehingga ekspektasi masyarakat terhadap keandalan listrik semakin tinggi. PLN berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan," ujar Budiono.
 

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024