Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan (PDI-P) Provinsi Papua Barat membuka ruang koalisi untuk mendukung pasangan Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani yang akan maju sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur pada Pilkada 2024.

Ketua DPD PDI-P Papua Barat Markus Waran di Manokwari, Jumat, mengatakan dinamika politik sangat dinamis sehingga tidak menutup kemungkinan partai berlambang banteng menjajaki komunikasi dengan partai politik lainnya.

"Sudah pasti kami buka ruang (berkoalisi) karena politik itu dinamis," kata Waran.

Dalam waktu dekat, PDI-P Papua Barat menjadwalkan pertemuan bersama Dominggus Mandacan dan Mohamad Lakotani guna membahas lebih lanjut soal koalisi sesuai mekanisme partai.

Hal tersebut bermaksud agar penerbitan surat rekomendasi dari PDI-P untuk pasangan petahana yang kembali maju menjadi bakal calon gubernur-wakil gubernur periode 2024-2029 segera direalisasikan.

"Kami terus komunikasi dengan Pak Dominggus, dan kami rencana bertemu beliau dalam waktu dekat ini," ujar  Waran.

Menurut dia rapat kerja daerah khusus (rakerdasus) DPD PDI-P Papua Barat dan DPD PDI-P Papua Barat Daya yang diselenggarakan di Manokwari, telah membahas sejumlah program kerja termasuk target perolehan kursi kepala daerah tingkat kabupaten/kota pada Pilkada 2024.

Oleh karena itu, seluruh kader partai pada tingkatan DPD maupun DPC di dua provinsi harus saling bersinergi agar pelaksanaan program kerja berjalan maksimal untuk mencapai target yang sudah ditetapkan bersama dalam rakerdasus.

"Khusus Papua Barat, PDI-P target minimal lima kepala daerah dari tujuh kabupaten," kata dia.

Sebelumnya, Dominggus Mandacan mengaku sudah mengintensifkan komunikasi politik dengan PDI-P agar memperoleh rekomendasi untuk maju pada Pilkada 2024 bersama bakal calon wakil gubernur Mohamad Lakotani.

Dirinya bersama Ketua DPD PDI-P Papua Barat Markus Waran dan Anggota DPR RI Obet Arik Ayok Rumbruren sudah bertemu dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto di Jakarta, beberapa waktu lalu 

"Intens berkomunikasi dengan harapan PDI-P bisa keluarkan rekomendasi untuk saya dan Pak Lakotani," kata Dominggus yang juga menjabat Ketua DPD NasDem Papua Barat.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024