PT Freeport Indonesia (PTFI) memberikan bantuan 50 tong sampah bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan di daerah ini.

Vice President Environmental PTFI Gesang Setyadi di Timika, Kamis, mengatakan bahwa pihaknya ikut serta mendorong masyarakat di daerah ini agar lebih peduli terhadap lingkungan.

“PTFI juga mempunyai program penanaman pohon yang berkolaborasi bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika guna menggerakkan komunitas untuk ikut bersama menjaga lingkungan,” katanya.

Menurut Gesang, sebelumnya PTFI bersama DLH telah melakukan penanaman pohon pada ketinggian 4.200 meter di atas permukaan laut dengan menggerakkan komunitas yang ada untuk berkontribusi melestarikan lingkungan.

“Aksi menanam pohon ini sangat penting mengingat bumi sedang mengalami krisis iklim, dan kami berharap masyarakat semakin sadar menjaga lingkungan sekitar,” ujarnya.

Dia menjelaskan PTFI bersama Pemerintah Kabupaten Mimika menggelar puncak perayaan Hari Lingkungan Hidup pada 5-7 Juni 2024 di Eme Neme Yauware, dengan melibatkan semua stakeholder.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi Papua Tengah, Pemerintah Kabupaten Mimika dan semua yang telah mendukung kegiatan Hari LingkunganHidup Sedunia guna menjaga kelestarian alam kita,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika Frans Kambu menambahkan bahwa pihaknya telah banyak berkoordinasi bersama PTFI, Pemerintah Provinsi Papua Tengah, hingga P3E KLHK Ekoregion Papua guna menjaga lingkungan hidup.

“Kami berharap semua masyarakat lebih aktif untuk peduli terhadap lingkungan,” katanya.
 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024