Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Manokwari, Provinsi Papua Barat berupaya menjaga dan meningkatkan kesehatan kaum ibu dan perempuan lewat lomba olahraga dansa yaitu Line Dance.

Ketua Tim Penggerak PKK Manokwari Febelina Indou di Manokwari, Sabtu, mengatakan lomba Line Dance tersebut digelar untuk memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52. 

"Semakin bertambahnya usia maka kepadatan tulang akan semakin berkurang perlu adanya olahraga yang dilakukan untuk mempertahankan ketahanan tulang agar bisa terhindar dari osteoporosis," katanya.

Ia menjelaskan, Line Dance merupakan jenis olahraga dansa yang merupakan rangkaian langkah-langkah yang berpusat pada pijakan kaki. Setiap gerakannya membentuk koreografi irama berupa hitungan musik dan yang berguna untuk melatih pikiran dan konsentrasi.

Ia mengatakan, HKG yang diperingati setiap tanggal 4 Maret dimaknai momentum gerak bersama bersama segenap jajaran tim penggerak PKK dari pusat sampai daerah untuk melaksanakan 10 program pokok PKK mendukung kebijakan pemerintah.

"PKK Manokwari melalui pokja 4 yang membidangi kesehatan dan lingkungan hidup mencetuskan lomba Line Dance sebagai bentuk kepedulian akan pentingnya kesehatan tubuh ibu sebagai bagian dari investasi kesehatan masa depan," katanya.

Ia menuturkan, lomba yang diikuti 24 regu dari komunitas senam, organisasi wanita dan gereja ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terutama kaum ibu dan perempuan tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh.

Diharapkan para kaum ibu dan perempuan bisa terus melatih ketangkasan fisik dan ketajaman pikiran agar meningkatkan eksistensi diri serta mencegah dari kepikunan atau penyakit fisik lainnya. 

"Kegiatan ini mengacu temat HKG PKK tahun 2024 yaitu bergerak bersama PKK mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju," katanya. 
 
Bupati Manokwari Hermus Indou saat memukul tifa yang dipegang Ketua PKK Manokwari Febelina Indou sebagai tanda dimulainya lomba Line Dance yang digelar TP PKK Manokwari, Sabtu (ANTARA/Ali Nur Ichsan)

Bupati Manokwari Hermus Indou mengatakan, PKK Manokwari telah menunjukkan partisipasi dalam pembangunan daerah dengan implementasi 10 program pokok PKK.

Ia mengatakan, lomba Line Dance yang dipadu dengan tarian daerah kali ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan memajukan nilai-nilai budaya daerah di Kabupaten Manokwari.

"Kesenian daerah dan pembangunan kesenian di Kabupaten Manokwari yang harus bisa menjadi tanggung jawab bersama termasuk tim TP PKK Manokwari," katanya.

Menurutnya, PKK telah menjadi mitra strategis Pemkab Manokwari untuk mengatasi masalah kualitas hidup manusia yang dapat diukur dari indeks pembangunan manusia (IPM).

"10 program pokok PKK adalah upaya penting yang harus dilaksanakan secara berkelanjutan di Kabupaten Manokwari untuk memastikan seluruh rakyat Manokwari menikmati kehidupan yang sejahtera dan bebas dari kemiskinan dan kehidupan yang tidak menguntungkan lainnya," katanya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024