Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, membentuk tim penyusunan soal ujian sekolah (US) tahun ajaran 2024 untuk tingkat SD, SMP hingga SMA/SMK.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manokwari Marthinus Dowansiba di Manokwari, Jumat, mengatakan tim yang akan dilibatkan dalam penyusunan soal US adalah guru-guru bidang studi di setiap sekolah.

"Memang di dinas ada panitianya, tetapi tetap akan dibentuk tim gabungan guru untuk menyusun soal. Anggota tim adalah guru dari masing-masing jenjang yang dianggap berkompeten," katanya.

Ia menjelaskan, dengan keterlibatan guru-guru, maka penyusunan soal US tahun ajaran 2024 tidak sepenuhnya dari Dinas Pendidikan. Namun, jumlah guru masih belum diketahui berapa yang akan dilibatkan.

Pihaknya sudah memberikan surat undangan pada kepala sekolah untuk memilih guru-guru yang dianggap kompeten dan bisa dipercaya untuk menyusun soal ujian.

Ia mengatakan, berbeda dari tahun sebelumnya, saat ini Pemkab Manokwari kembali mengatur guru-guru tingkat SMA/SMK. Di mana, sebelumnya pengelolaan guru SMA/SMK menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi.

Menurutnya, Disdik Manokwari tengah menyiapkan tim guru tersebut agar bisa segera bekerja untuk menyusun soal terutama jenjang pendidikan SMA/SMK.

"Pengelolaan SMA/SMK saat ini sudah kembali ke kabupaten akan ujian di bulan Maret, selanjutnya disusul SMP, dan SD. Itu sesuai petunjuk bidang teknis," ujarnya.

Ia menambahkan, khusus untuk TK/PAUD ujian akan berbeda dimana ujian menggunakan sistem paket A, B, C dan D.*
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024