Dinas Pertanian Kabupaten Biak Numfor, Papua pada 2024 menyiapkan lahan seluas satu hektare untuk penanaman bibit kacang hijau dan pokem (sejenis gandum) untuk menunjang ketahanan pangan daerah.

"Dinas Pertanian bersama tenaga penyuluh siap membantu petani menanam kacang hijau dan pokem, makanan lokal sejenis gandum," kata Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Biak Numfor Immanuel Naap menanggapi program ketahanan pangan lokal di Biak, Rabu.

Ia menyebut sejumlah lokasi lahan telah disiapkan untuk mendukung penanaman bibit kacang hijau.

Daerah yang potensial bidang pertanian, kata dia, antara lain Distrik Biak Timur, Yendidori, Biak Barat, dan Pantai Utara Biak, dan Pulau Numfor.

"Kami harapkan dengan menanam kacang hijau dan pokem bisa memberikan manfaat ketahanan lokal di Kabupaten Biak Numfor," kata Immanuel.

Komoditas lain yang juga telah diprogram untuk ditanam, kata dia, antara lain kol, cabai, bawang merah, daun serai, jahe, dan jagung.

Dinas Pertanian Biak pada 2024 juga akan membantu pupuk organik dan NPK kepada petani.

Pemberian pupuk itu, kata dia, untuk mendukung program ketahanan pangan daerah pada 2024 di Kabupaten Biak Numfor.

"Kami siap memberikan pendampingan kepada petani lokal orang asli Papua yang menjadi mitranya untuk menyukseskan program ketahanan pangan lokal Biak," ujarnya.

Untuk bidang peternakan, Dinas Pertanian juga telah menyiapkan bantuan bibit ternak ayam petelur dan ayam potong yang jumlahnya berkisar 20 ribu ekor.

Sektor pertanian dan perkebunan di Kabupaten Biak Numfor telah menjadi program strategis daerah untuk menunjang ketahanan pangan lokal 2024.
 

Pewarta: Muhsidin

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024