Wakil Bupati Kaimana, Papua Barat Hasbulla Furuada mengajak seluruh masyarakat di wilayahnya yang memenuhi syarat agar mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) atau jangan golput pada Pemilu 14 Februari dan Pilkada Serentak pada November mendatang.

"Atas nama pemerintah daerah, saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kaimana untuk menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya dan tidak golput," ujar Hasbulla di Kaimana, Sabtu.

Ia menyebut tahun ini ada sejumlah agenda nasional yang harus mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah dan seluruh jajaran, antara lain Pemilu Serentak Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI dan DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pada 14 Februari 2024.

Selanjutnya, pada November 2024 juga akan berlangsung Pemilu Serentak Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Menghadapi dua agenda penting tersebut, Hasbulla mengharapkan seluruh komponen baik Pemda, TNI-Polri, tokoh-tokoh masyarakat, adat, agama dan lainnya untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman dan tertib.

"Kalau situasi kamtibmas di daerah aman dan tertib maka tentu penyelenggara pemilu dapat melaksanakan seluruh tahapan dengan baik," kata orang nomor dua di Kabupaten Kaimana itu.

Menurut dia, Pemkab Kaimana terus berkomitmen mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan membangun sinergitas dengan seluruh pemangku kepentingan guna terselenggaranya pemilu yang demokratis dalam suasana yang damai.

"Kami terus menerus bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan baik itu DPRD, kejaksaan, pengadilan, TNI dan Polri, lembaga masyarakat adat, pihak swasta dan elemen terkait lainnya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kaimana," kata Hasbulla.

Pada pemilu kali ini, warga Kaimana dapat menyalurkan hak pilihnya pada 217 TPS yang tersebar di seluruh distrik (kecamatan) dan kampung (desa).

Guna menyukseskan agenda Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaimana telah melantik sebanyak 1.519 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Kamis (25/1).
 

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024