Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sorong, Provinsi Papua Barat mengganti satu kotak suara yang ditentukan rusak di Kelurahan Malabutor, Distrik Manoi saat proses distribusi, Selasa.

Pergantian kotak suara rusak tersebut disaksikan oleh Komisioner Bawaslu Kota Sorong Divisi SDM, Organisasi, Informasi dan Data, M Nasir Sukunwatan bersama pihak kepolisian dan panwas distrik.

Komisioner KPU Kota Sorong, Fatmawati H Anas mengatakan bahwa satu kotak Kelurahan Malabutor diganti karena gemboknya rusak saat proses distribusi.

Dia mengatakan bahwa  pergantian satu kotak suara rusak di Kelurahan Malabutor tersebut disaksikan pihak berwenang Bawaslu dan Kepolisian.

Komisioner Bawaslu Kota Sorong, M Nasir Sukunwatan yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa setelah mendapat laporan dari panwas Distrik ada satu kotak suara rusak di Kelurahan Malabutor pihaknya langsung berkoordinasi dengan KPU untuk menggantinya.

Menurut Nasir, pergantian kotak suara rusak tersebut dilakukan guna menghindari protes pada pelaksanaan pencoblosan yang dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kotak suara rusak di Kelurahan Malabutor tersebut telah diganti dengan yang baru dan kotak yang rusak direkomendasikan untuk disimpan kembali di gudang penyimpanan KPU," ujarnya.

Nasir mengharapkan   kepada masyarakat Kota Sorong agar datang ke TPS masing-masing guna menyalurkan hak suaranya.(*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019