BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, Papua Barat, memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kemudahan registrasi peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) melalui program BPJS Kesehatan Goes To Customer.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari Dwi Sulistyono Yudo di Manokwari, Kamis menjelaskan program tersebut merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki jaminan kesehatan dari program JKN sejak dini atau sebelum sakit.

"Pada kegiatan ini kami memberikan beberapa edukasi kepada masyarakat khususnya pemuda-pemudi agar memastikan mereka dapat memahami tentang manfaat dari program JKN," katanya.

Ia mengatakan melalui BPJS Kesehatan Goes To Customer diharapkan masyarakat mengetahui bagaimana cara melakukan pendaftaran sebagai peserta JKN, prosedur pelayanan di fasilitas kesehatan serta hak dan kewajiban sebagai peserta JKN.

Ia menjelaskan masih banyaknya masyarakat yang minim informasi mengenai jaminan kesehatan sehingga kurangnya pemahaman dan informasi terkait JKN.

Ia mengatakan pada Selasa (19/12/2023), BPJS Kesehatan Goes To Customer telah menyasar salah satu komunitas yang ada di Kabupaten Manokwari yakni Komunitas Pemuda Pemudi Katolik Gereja Immanuel Sanggeng.

Melalui BPJS Kesehatan Goes To Customer, masyarakat juga dikenalkan aplikasi mobile JKN yang dapat dimaksimalkan manfaatnya di era digital saat ini. Aplikasi mobile JKN terdapat berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan peserta JKN untuk layanan administrasi seperti di kantor cabang ataupun di fasilitas kesehatan.

”Aplikasi memiliki banyak fitur yang dapat digunakan oleh peserta JKN atau calon peserta JKN. Bagi peserta JKN yang sudah terdaftar dapat mendaftarkan anggota keluarganya melalui fitur penambahan peserta. Sedangkan yang belum jadi peserta JKN juga bisa mendaftar melalui aplikasi ini,” ujarnya.

BPJS Kesehatan memiliki beberapa kanal layanan administrasi nontatap muka yang dapat dimanfaatkan oleh peserta seperti aplikasi mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (Pandawa) terintegrasi dengan satu nomor 08118165165, Chat Assistant JKN (CHIKA) melalui nomor 08118750400 maupun melalui website BPJS Kesehatan.

Peserta juga diperkenalkan fitur pemantauan riwayat kesehatan yang dapat digunakan untuk mengetahui empat potensi risiko penyakit kronis sejak dini yakni diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronik dan jantung koroner.

Onasius Oscar salah satu peserta yang hadir memberikan apresiasi yang telah menyelenggarakan kegiatan BPJS Kesehatan Goes To Customer yang telah memberikan banyak edukasi kepada peserta yang masih minim informasi.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023