Komando Armada (Koarmada) III Papua Barat Daya melakukan aksi donor darah dan bakti sosial di wilayah Papua Barat Daya sebagai bagian dari memperingati Hari Armada 2023.

Kapok Sahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Ridwan Prawira di Sorong, Kamis, mengatakan aksi donor darah dan bakti sosial merupakan rangkaian kegiatan menjelang peringatan Hari Armada 2023 pada 5 Desember 2023.
 
Dia mengatakan, peringatan Hari Armada ke-78 tahun ini mengusung tema sentral "Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju".
 
"Donor darah ini melibatkan 1.000 orang dan penerima sebanyak 500 orang," katanya.
 
Aksi donor darah ini melibatkan TNI, Polri dan masyarakat dengan petugas kesehatan dari Koarmada III dan Dinas Kesehatan kabupaten dan provinsi.
 
"Aksi ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan kesehatan masyarakat, TNI dan Polri benar-benar sehat dan bugar dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab," ujarnya lagi.
 
Selain itu, Koarmada III juga menyalurkan bantuan sosial berupa 300 paket sembako kepada 203 kepala keluarga di Distrik Moisegen, Kabupaten Sorong dan 97 orang dari Panti Asuhan Muhammadiyah dan Panti Asuhan Muslim Papua.
 
Kegiatan lain yang dilakukan sebagai bagian dari rangkaian jelang peringatan Hari Armada 2023 adalah melakukan wisata angkatan laut yang terdiri dari Wisata Tank Menkav 3 MArinir, Wisata Pesawat Patmar di Koarmada III, Wisata KRI yang bersandar di Dermaga Katapop dan Sorong, Wisata Kolam Segitiga Koarmada III, Wisata Olahraga Perairan dan Wisata Terowongan dan Benteng Pertahanan Militer di Pulau Doom, Wisata Pulau Jeffman, Wisata Bawah Laut di Pulau Soop dan Wisata Bahari di Pulau Raam.
 
Kemudian ada juga kegiatan gerakan senang ke pantai dan laut berupa aksi bersih di Pantai Saoka di Distrik Maladumes, Kota Sorong, di Pantai Tanjung Kasuari Sorong, Pantai Tanjung Batu Sorong, Pantai Tembok Berlin Sorong, Pantai Pulau Um Kabupaten Sorong, Pantai Panorama Sorong dan Pantai Dofior Sorong.
 
"Keseluruhan dari kegiatan itu tidak lain adalah menyongsong Hari Armada 2023," katanya.

Rangkaian dari seluruh kegiatan ini ingin menunjukkan bahwa menyongsong Hari Armada 2023 ini masyarakat merasakan manfaat dari momentum itu melalui kegiatan sosial.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023