Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad menyebutkan bahwa tugas pemerintah adalah memberdayakan masyarakat, bukan sebaliknya memperdayakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

"Ini perlu diingat baik-baik bahwa tugas pemerintah itu memberdayakan masyarakat, bukan memperdayakan mereka untuk kepentingan pribadi," jelas Musa'ad saat berkunjung dan memimpin apel di Kabupaten Maybrat, Senin.

Penegasan serupa disampaikan kepada seluruh ASN di Kabupaten Maybrat mengingat ada sebagian ASN yang memperalat nama masyarakat untuk kepenuhan keinginan pribadi.

"Jadi, saya tegaskan jangan sekali-kali memperdayakan masyarakat karena tugasnya jelas bahwa ASN hadir untuk memberdayakan masyarakat," tegas Musa'ad.

Pemerintah harus hadir dan membangun masyarakat supaya merasa yakin dan percaya kepada negara bahwa negara hadir untuk berpihak pada masyarakat.

Musa'ad pun mengingatkan kepada Pemerintah Kabupaten Maybrat bahwa masyarakat adalah 'majikan' yang harus mendapatkan pelayanan maksimal.

"ASN adalah pelayanan dan masyarakat adalah majikan, jadi pelayanan ASN harus terarah kepada itu supaya masyarakat kita benar-benar merasakan pelayanan yang baik dan optimal," jelas Musa'ad.

Setiap program yang direncanakan, kata Musa'ad, harus benar-benar memiliki kajian mendalam dengan maksud dan tujuan supaya realisasi program kerja itu benar-benar menyentuh dan tepat sasaran.

"Supaya pelayanan ASN optimal dan dirasakan masyarakat, perhatikan rencana program harus didasari dengan sebuah kajian mendalam, itu perlu diperhatikan supaya program pemerintah berhasil dan masyarakat kita mendapatkan manfaat," kata Musa'ad.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023