Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-117 Komando Distrik Militer (Kodim) 1807/Sorong Selatan, Papua Barat Daya fokus membangun jalan dan perbaikan dermaga di Kampung Waigo, Distrik Wayer, Kabupaten Sorong Selatan.
 
Kasrem 181/PVT Kolonel Inf Christian Pieter Sipahelut di Sorong Selatan, Jumat, menjelaskan pelaksanaan TMMD ke-117 tersebut berdasar pada surat telegram Pangdam XVIII/Kasuari nomor ST /103/ 2023 tanggal 29 Juni 2023 tentang perintah melaksanakan operasi kegiatan TMMD ke- 117 di Sorong Selatan.
 
"Diharapkan TMMD dapat meningkatkan kebersamaan gotong royong dan kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam menghadapi berbagai persoalan di tengah masyarakat," jelas Kasrem.
 
Selain itu, program TMMD pun sekaligus menunjukkan semangat bersama untuk membantu percepatan program pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan layak bagi masyarakat.
 
"Saya berharap dengan program TMMD ini dapat memberikan nilai manfaat bagi masyarakat untuk memacu dan meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya wilayah kampung Waigo Distrik Wayer Kabupaten Sorong Selatan,” harap Kasrem.
 
TMMD ke-117 tahun 2023 di Kabupaten Sorong Selatan ini, akan berlangsung dari tanggal 12 Juli hingga 10 Agustus 2023, dengan beban program kerja yang akan dilakukan terdiri dari dua yakni kegiatan fisik dan non fisik.
 
Selain jalan sepanjang 300 meter dan perbaikan dermaga kapal, kegiatan fisik lain yang akan dilakukan adalah membangun rumah tipe 36 semi permanen sebanyak dua unit, MCK 2 unit.
 
Kemudian, kegiatan non fisik meliputi penyuluhan KB dan kesehatan, penyuluhan dan pelatihan pertanian, penyuluhan dan penanganan stunting, penyuluhan bela negara dan sadar hukum serta bakti sosial dan pelayanan kesehatan.
 
Satgas yang diterjunkan untuk melakukan TMMD ke - 117 terdiri dari TNI/Polri dan masyarakat.
 
"Anggaran kegiatan tersebut berasal dari komando atas senilai Rp300 juta dan Pemda Sorong Selatan senilai Rp2 miliar," sebut Pieter Sipahelut.
 
Karena itu dia berharap kiranya dengan adanya program TMMD ini bisa percepatan pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non fisik.
 
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023