Papua Football Academy (PFA) semakin giat mencari bibit pemain muda berbakat di Bumi Cenderawasih dengan program yang berlangsung pada Mei-Juni, mengulang kesuksesan dari 2022 yang menghasilkan 30 pemain terbaik dari 477 peserta.

"Sehingga saat ini akademi sepak bola bagi putra Papua yang disponsori PT Freeport Indonesia telah bersiap mencari siswa baru lewat PFA cari bakat 2023," kata Direktur PFA Wolfgang Pikal dalam siaran persnya, Senin.

Program PFA tahun pertama dilaksanakan di tiga wilayah yakni Timika, Merauke, dan Jayapura. Sedangkan untuk edisi tahun ini akan diperluas hingga tujuh kabupaten/kota di tiga provinsi meliputi Papua, Papua Tengah, dan Papua Selatan.

Program tersebut bertujuan agar semakin banyak anak-anak Papua yang berbakat dalam cabang olahraga sepak bola dapat mengikuti seleksi dan berkesempatan masuk sebagai pemain PFA.

Pencarian bakat pemain sepak bola putra di Timika akan berlangsung pada 13-15 Mei di Mimika Sport Complex pukul 14.00-17.30 WIT. Jam dan durasi seleksi berlangsung sama pada seluruh lokasi program PFA, katanya.

Selanjutnya, di Jayapura pada 19-21 Mei di Stadion Mandala Jayapura, bersamaan dengan Nabire, Papua Tengah, di Lapangan Kodim Sapta Marga Nabire.

Sementara jadwal untuk Merauke, Papua Selatan akan dimulai pada 23-25 Mei di Lapangan Universitas Musamus, bersamaan dengan jadwal seleksi di Kabupaten Waropen, Papua yang dilangsungkan di Lapangan Budi Utomo Waren.

Selanjutnya di Kota Serui, Kepulauan Yapen, Papua pada 27-29 Mei di Stadion Marora, dan Kabupaten Biak Numfor, Papua, pada 1-3 Juni di Stadion Cendrawasih.

Bagi calon peserta yang berminat mengikuti program PFA 2023 dapat mengisi formulir secara daring lewat laman resmi Papua Football Academy www.papuafootballacademy.com lalu mengklik "Pendaftaran Seleksi Akademi".

Dari tujuh lokasi PFA 2023 itu akan dipilih sebanyak 60 peserta guna mengikuti seleksi final di Jayapura pada 18-23 Juni di Stadion Mandala.

"Mereka kembali akan menjalani seleksi sepak bola, tes minat bakat, psikologi, dan kesehatan sehingga nantinya sebanyak 30 siswa terpilih akan bergabung bersama rekan-rekannya angkatan pertama Papua Football Academy di Mimika Sport Complex, Timika," sebut Pikal.
 

Pewarta: Ardiles Leloltery

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023