Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya mengampanyekan konsumsi protein hewani, salah satunya telur ayam, sebagai upaya untuk mencegah stunting di wilayah tersebut.
 
Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad di Sorong, Senin, menjelaskan protein yang terkandung di dalam telur ayam sebagai baik dan tinggi manfaatnya bagi setiap anak guna mencegah stunting.
 
"Ini merupakan satu cara yang mudah dan sangat bermanfaat bagi kesehatan setiap anak sehingga nantinya bisa mencegah stunting," kata dia.
 
Dia mengatakan jika orang tua tidak mampu membeli ikan atau daging, cukup membeli telur ayam dengan harga murah kemudian diberikan kepada anak-anak untuk dikonsumsi setiap hari.
 
Berdasarkan data Tim Penggerak PKK bahwa stunting yang terjadi di Provinsi Papua Barat Daya tidak disebabkan oleh ketidakmampuan orang tuanya melainkan ketidakpedulian orang tua anak.
 
"Kalau tidak mampu kita masih maklumi tetapi kalau mampu dan tidak memperhatikan kesehatan anak-anaknya maka sebagai orang tua kita merasa berdosa," ungkapnya.

Ia menilai minim tanggung jawab orang tua terhadap kesehatan anak salah satu sikap yang disesalkan oleh setiap orang.

Sebab, katanya, biasanya anak yang mengalami stunting adalah orang yang tidak mampu secara finansial, tetapi kenyataannya justru terbalik.

Karena itu, ia berharap kepada seluruh daerah dan elemen penting lainnya agar bersama-sama mengampanyekan pentingnya konsumsi protein telur untuk mencegah stunting di Provinsi Papua Barat Daya pada masa mendatang.
 
"Mari kita bersama-sama kampanyekan ini supaya masyarakat bisa menerapkan cara itu kepada anak-anaknya dan nantinya tidak mengalami stunting ke depannya," katanya.

Pewarta: Evarianus Supar

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023