Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua pada tahun 2023 akan melakukan reklamasi pantai Sorido menuju lokasi pelabuhan eks perusahaan ikan Biak Mina Jaya (BMJ) di Kampung Samau Distrik Biak Kota.

"Reklamasi pantai Yenyabo Sorido hingga pelabuhan BMJ merupakan program pemerintah daerah untuk persiapan lokasi acara Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023," ujar Bupati Herry Ario Naap dihubungi di Biak, Senin.

Bupati Herry mengharapkan, program reklamasi pantai Sorido-BMJ sepanjang lebih kurang 100 hingga 200 meter, diharapkan dapat berjalan dengan lancar sesuai yang dijadwalkan pemerintah daerah.

Diakui Bupati Herry, lokasi pantai Yenyabo di Kampung Sorido hingga ke pelabuhan BMJ sudah masuk program pemerintah yang harus segera direklamasi.

Karena lokasi pantai Yenyabo Sorido, lanjut Bupati Herry Naap, akan menjadi salah satu tempat pelaksanaan STC pada 1-7 November 2023.

"Pemkab Biak Numfor sudah menyiapkan anggaran khusus untuk pembangunan reklamasi pantai Yenyabo Sorido-BMJ untuk menjadi tempat lokasi STC 2023 di Biak," kata Bupati Herry Naap.

Dia mengatakan, pantai Yenyabo di Kampung Sorido Biak Kota jika selesai direklamasi diharapkan bisa menjadi lokasi favorit dan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke daerah setempat.

Disinggung besaran biaya untuk melakukan reklamasi pantai Yenyabo Sorido-BMJ menurut Bupati Herry, hingga sejauh ini pihak Pemkab Biak Numfor masih menghitung kebutuhan besaran dana untuk pembangunan reklamasi pantai dimaksud.

"Proses pekerjaan reklamasi di pantai Yenyabo Sorido-BMJ diharapkan dapat berlangsung secepatnya karena sangat terkait dengan proses pembangunan yang telah direncanakan untuk persiapan STC, " kata Bupati Herry Naap.

Ia berharap, adanya dukungan semua warga Biak Numfor supaya kegiatan reklamasi bisa berjalan tepat waktu.

Pada STC 2023 akan berlangsung 1-7 November dan dijadwalkan dibuka Presiden Joko Widodo di Biak.
 

Pewarta: Muhsidin

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023