Sebanyak 271 anak dari 84 Taman Kanak-Kanak (TK) dan Kelompok Bermain (KB) di Kabupaten Manokwari, Papua Barat menampilkan kebudayaan daerah dalam pentas seni di mal setempat dalam rangka memperingati HUT Ke-124 Manokwari.
 
Bunda PAUD Manokwari Febelina Indou di Manokwari, Jumat, menerangkan kegiatan itu sebagai upaya meningkatkan kecintaan anak TK dan KB kepada budaya sejak usia dini.
 
"Mereka menampilkan tidak hanya pakaian daerah, tariannya tetapi juga bahasa. Hanya saja mengenai bahasa ini kami harapkan dapat meningkat lagi dalam kegiatan serupa yang rencananya pada 2023 kami gelar saat Hari Anak Nasional (23 Juli, red.)," ujar dia.

Ia mengatakan pentas seni digelar pada kesempatan tersebut sebab di era digital ini anak dinilainya cukup jauh dari budaya serta bahasa daerah.

Ia mengharapkan kegiatan itu meningkatkan kecintaan anak pada budaya dan bahasa daerah.
 
"Kami juga harapkan bahwa di Kurikulum Merdeka yang ada saat ini akan ada pembelajaran mengenai budaya khususnya bahasa daerah. Karena kami menilai (penutur, red.) bahasa daerah ini sudah mulai berkurang," katanya.
 
Dia menyebut antusiasme peserta dalam kegiatan yang baru digelar pertama kali tersebut sebagai besar.

Sebelumnya, Febelina menyebut 2.000 anak akan ikut dalam pentas seni tetapi karena 84 PAUD dikelompokkan dalam sembilan pusat kegiatan gugus (PKG), maka setiap PAUD hanya boleh memasukkan tiga anak sebagai perwakilan.
 
Dia memastikan dengan antusiasme anak dalam pentas seni itu, peningkatan program serupa akan digelar pada 2023.

Pihaknya ingin juga mengagendakan pentas seni serupa dan mencantumkan agenda peragaan busana daerah.
 
"Tapi kami akan bersinergi dulu dengan Dinas Pendidikan dalam hal ini Bidang PAUD supaya kegiatan serupa digelar lagi," kata dia.

Pewarta: Rachmat Julaini

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022